Isu Tuyul Buat Resah Warga Cicaheum Bandung


Fenomena mistis menyeruak empat bulan terakhir ini di Gang Sukaresmi RT 8 RW 5, Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Isu tuyul yang mengincar uang membuat resah warga sekitar

Sejumlah warga mengaku beberapa kali uang yang tersimpan di dalam rumah tiba-tiba lenyap misterius. Warga yang menjadi korban merasa yakin kejadian tersebut ulah tuyul.

“Uang yang disimpan di dalam lemari sering hilang. Padahal uang itu ditaruh ke celengan bergembok yang kuncinya saya pegang,” ujar salah seoang korban, Elis (29), saat ditemui di rumahnya, Selasa (7/6/2011).

Elis menyatakan, kunci gembok celengan selalu dia bawa. Menurutnya tidak mungkin uang yang berkali-kali hilang itu dicomot manusia atau keluarganya. Kunci lemari pun selalu dibawanya.

“Saya sih yakin ini perbuatan tuyul. Memang terkesan percaya enggak percaya. Tapi saya merasakan,” ujarnya.

Elis mengaku mengalami peristiwa tersebut sejak Maret lalu. Selama dua minggu, uang miliknya berturut-turut raib. Kalau ditotal, uang yang lenyap di dalam rumah itu sekitar Rp 1,2 juta.

“Waktu itu hampir setiap hari hilang. Pernah hilang 100 ribu rupiah dan juga 300 ribu rupiah,” papar Elis.

Warga lainnya Ade Kartini (44) mengalami kejadian serupa. Pada Januari lalu, uang sebesar Rp 4 juta yang diselipkan di dalam dompet hilang Rp 500 ribu.

“Itu uang kawinan dari tamu saat anak saya beres nikahan. Saya beberapa kali bersama suami menghitung itu. Saat pagi saya lihat kok hilang 500 ribu rupiah. Padahal kunci lemari saya pegang dan tidak ada duplikatnya,” ujar Ade.

Suasana lemari tidak ada bekas tanda-tanda kerusakan. Ade hanya bisa pasrah atas hal aneh ini.

Sejumlah warga diketahui merasakan kejadian serupa. Menurut Elis, ada tujuh tetangganya yang senasib karena tingkah tuyul. “Itu yang cerita-cerita ke saya. Enggak tahu kalau warga lainnya, bisa saja sama tapi malu bercerita. Hingga kini warga resah,” ujar Elis.

Bagi sebagian korban, lenyapnya uang selama ini diklaim akibat perbuatan tuyul. Namun percaya atau tidak, kisah tersebut rupanya masih terjadi di zaman serba modern ini.

Bdc/B21
