Potret Kemiskinan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Kemiskinan nampaknya sudah menjadi pemandangan umum bagi masyrakat di Indonesia ini dibanyak tempat dinegeri dengan berbagai ragam bentuk kemiskinan

Seperti yang terjadi pada Alwi 70 tahun warga RT I, Dusun I, Pasar rebo kecamatan Bram Itam Kanan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bila dilihat dari kondisi rumah tinggalnya sangat memperihatinkan, namun selama ini belum ada perhatian dari pemda setempat, padahal jarak dimana tempat Alwi tinggal sangat dekat dengan ibu kota kabupaten.

Warga yang hanya menggantungkan hidupnya dari menggarap tanah milik tetangganya ini dimana hasil kerjanya itu untuk makannya sendiri saja masih kurang, sudah bertahun-tahun hal ini dialaminya hidup dengan penuh kemiskinan serta kondisi rumah yang tidak layak dihuni oleh  manusia, apa lagi  kondisi rumah yang bocor hanya memiliki sebagian atap dan  sebagian dinding terbuat dari papan bekas tanpa pintu, bila hujan datang alwi kebigungan, dimana harus berteduh, keadaan rumahnya kini lebih buruk dari kandang kambing.

Sangat Ironis, sementara dilain pihak pemerintah daerah dengan dana anggaran milyaran rupiah pertahunnya, menghamburkan uang yang tidak jelas peruntukan serta kegunaannya dan hanya mementingkan diri sendiri dan  kelompoknya, tanpa memikirkan nasib warganya yang untuk mencari sesuap nasi saja masih merasa kesulitan.

Alwi berharap ada pihak yang dapat membantu mengurangi penderitaan yang dialaminya selama ini, dan bisa hidup layaknya manusia normal, memilki rumah layak huni dengan pekerjaan yang dapat menopang hidupnya kedepan.

Tompul/B21
Iklan