TV dan Ponsel Kini Bisa Keluarkan Aroma


Peneliti University of California bekerjasama Samsung Corp. mengembangkan teknologi baru. Teknologi ini bisa mengeluarkan aroma dari TV dan ponsel. Seperti apa?

Teknologi baru ini memungkinkan pengguna mencium aroma apa yang dilihat di TV dan ponsel. Jika teknologi ini dikomersilkan, teknologi ini jelas akan menambah pengalaman penginderaan sembari menonton TV, menjelajah situs web atau melihat video di ponsel.

Menurut pengembang teknologi ini, perangkat ini menyimpan matriks kabel kecil 100×100 yang akan memanaskan cairan aromatik sesuai yang tersimpan di 10 ribu kontainer kecil dan mengubahnya menjadi gas aroma.

Perangkat ini berukuran cukup kecil sehingga bisa disisipkan di bagian belakang TV atau ponsel. Ide semacam ini sudah sering dibicarakan ilmuwan sejak 1950-an saat teknologi ini direncanakan diterapkan pada bioskop guna meningkatkan pengalaman menonton pemirsa.

Menurut peneliti, perangkat baru ini sudah diuji menggunakan parfum Passion dari Elizabeth Taylor dan parfum Live dari Jennifer Lopez. Bagaimapun juga, elemen paling menantang teknologi ini sebelum mengkomersialkannya adalah, memastikan sistem listrik hanya memanaskan kontainer yang sesuai tanpa salah memberi aroma.

Menarik bukan?