Pelayanan Pembuatan Paspor di Kanim Jambi Lebih Transparan & Didukung Peralatan Komputerisasi Canggih


Kantor Imigrasi Jambi saat ini, sudah lebih transparan (terbuka) dalam memberikan pelayanan pembuatan paspor.
Bangunan tingkat dua, yang menempati diatas lahan seluas kurang lebih 1.500 meter persegi, berlokasi di Kelurahan Simpang IV Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Kantor Imigrasi Jambi saat ini, sudah lebih transparan (terbuka) dalam memberikan pelayanan pembuatan paspor, baik paspor umum maupun paspor khusus seperti paspor haji bagi kebutuhan masyarakat ketimbang sebelumnya, yang kini sudah tersedia berbagai fasilitas perangkat komputerisasi canggih dan penempatan TV Monitor online layar lebar, yang terpampang persis di loket pintu masuk sehingga sangat memudahkan pelayanan yang cepat dan murah bagi masyarakat.
Dilantai satu, tampak masyarakat antri dengan tertib untuk menunggu proses bahan yang sedang diproses oleh petugas imigrasi seraya melihat pada tampilan di layar TV Monitor online untuk menunggu panggilan oleh petugas bahwa paspor telah selesai diproses.
Sementara perubahan yang lebih mencolok lagi, justru berada di lantai dua di Kantor Imigrasi Jambi, adalah pusat segala aktifitas pelayanan yang sangat dibutuhkan bagi calon jemaah haji tahun ini, seperti pelayanan untuk pengambilan sidik jari, pemotretan, maupun wawancara yang dilakukan langsung oleh para petugas Kantor Imigrasi Jambi setempat.
“Tahun (2011) ini, Kita sudah lebih transparan dan pelayanan lebih prima dalam memberikan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat, baik itu pembuatan paspor umum dan paspor untuk calon jemaah haji,” kata Kartana kepada berita21.com diruang kerjanya, Jum’at (24/06/2011).
Ditambahkan Kartana, pihaknya juga mempercepat proses pembuatan paspor bagi masyarakat sesuai daftar urut yang terdaftar dalam register di loket petugas kasir imigrasi.
“Tidak kurang dari 30 menit, paspor sudah selesai diproses. Masyarakat tinggal menunggu dan bisa melihat langsung, melalui TV Monitor online layar lebar, yang terpampang persis di loket pintu masuk,” terangnya.
Afrizal/B21