Proses Pembuatan Paspor CJH Asal Kerinci & Sungai Penuh di Kanim Jambi Diprioritaskan


Tahun 2011 ini, pelayanan pembuatan paspor untuk Calon Jemaah Haji (CJH) di Kantor Imigrasi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi sudah sangat prima dan lebih transparan (terbuka), demikian diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Imigrasi Jambi, Kartana kepada berita21.com, diruang kerjanya, Jum’at (24/06/2011).

Dipaparkan Kartana, untuk pelayanan pembuatan paspor haji saat ini, sebanyak 200 orang lebih, untuk 7 kabupaten dan 2 kota dalam wilayah Provinsi Jambi, minus Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur yang ditangani langsung Kantor Imigrasi Kualatungkal, pihaknya telah menambah fasilitas perangkat komputerisasi canggih, untuk pelayanan prima di Kantor Imigrasi Jambi.

Fasilitas yang dimaksud tersebut, tambah Kartana, yaitu penggunaan perangkat komputerisasi canggih, berupa mobile unit. Artinya, kata Kartana, pelayanan pembuatan paspor untuk calon jemaah haji asal dua wilayah di Provinsi Jambi, masing-masing yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, pihaknya berupaya pro aktif mendatangi langsung ke dua lokasi tersebut untuk memudahkan pelayanan yang akan diberikan bagi kebutuhan calon jemaah haji asal daerah tersebut, seperti pengambilan sidik jari, pemotretran untuk diambil fotonya, sekaligus wawancara.

“Khusus, calon jemaah haji asal Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh (Provinsi Jambi), Kita berupaya jemput bola, dengan mengirim petugas Kita ke dua wilayah lokasi tersebut agar memudahkan pelayanan yang akan kita berikan bagi calon jemaah haji asal Kerinci dan Sungai Penuh, seperti sidik jari, foto, dan wawancara,” tuturnya.

 Afrizal/B21