KPID Sumatera Selatan Siap Jadi ‘Jawara’ SEA GAMES 2011


Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Selatan siap menjadi ‘jawara’ dalam menyukseskan pesta olahraga akbar SEA GAMES yang ke-26 tahun 2011 sekitar bulan September mendatang.

Sebagai tuan rumah SEA GAMES, kota Palembang merupakan kota metropolitan bertaraf internasional yang tidak diragukan lagi. Semua aspek pendukung termasuk media massa turut berpastisipasi menyukseskan program tersebut, termasuk KPID Sumatera Selatan.

Ketika dihubungi, Ketua KPID Sumatera Selatan Iwan Kesumajaya, SH, M.Hum di Palembang menegaskan, pihaknya siap menjadi jawara sebagai lembaga yang concern terhadap pengawasan penyiaran di provinsi Sumatera Selatan, termasuk mengawasi peliputan SEA GAMES tahun 2011.

“Kami telah berkoordinasi dengan media elektronik, media online untuk bekerjasama menjalankan tugas jurnalistik untuk menyukseskan acara Sea Games nanti, ya semacam jawara pengawas untuk program penyiaran, “ ujarnya.

Pengawasan yang dimaksud ungkap Iwan, terkait peliputan media elektronik seperti TV Nasional, TV lokal, radio nasional, radio lokal, dan media online (internet). “Sifatnya penyiaran, kalau media cetak masuk ranah lembaga lain,” tambah Iwan Kesumajaya.

Lebih jauh Iwan menambahkan, pengawasan terhadap media penyiaran tersebut, telah berjalan sekarang dan setelah pelaksanaan SEA GAMES berakhir. Sebagai program KPID mendatang, pengawasan terhadap media elektronik sebagai lembaga penyiaran akan terus dijalankan dan KPID terus menjalankan pemantauan langsung.

“Bukan hanya sebatas ada program Sea Games, setelah Sea Games berakhir kami pun akan terus bekerja memantau penyiaran di Sumsel,” terang Iwan.

Sebagai informasi, saat ini di kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan terdapat beragam media elektronik baik yang bersifat nasional, maupun yang produk lokal/daerah sendiri. Untuk media elektronik produk lokal/daerah seperti TVRI Sumatera Selatan, Palembang TV (grup Jawa Pos), Sriwijaya TV (grup Bali TV), Sky TV, RRI, Radio Trijaya FM, Radio Smart FM, Radio Sriwijaya FM (grup etnikom bens radio), Radio Sonora FM, Radio OZ, Radio Elitha FM, Radio Elshinta, Radio Sukses FM (Pemkab OKU), Radio Indralaya FM, Radio Kayuagung FM, Radio Baturaja FM (grup etnikom bens radio Jakarta) dan masih banyak lagi.

Menanggapi pengawasan yang akan dilakukan KPID Sumatera Selatan, General Manager Radio OZ Palembang Iwan Darmawan, SH menyambut baik pengawasan tersebut. Sebagai pimpinan radio anak muda, pihaknya tidak merasa khawatir dengan adanya pengawasan yang dilakukan KPID. “Tidak masalah, bagus kalau ada yang mengawasi, penyiar akan lebih bagus lagi siaran,” tegas anggota DPRD Kota Palembang asal PDIP ini.

Terkait pelaksanaan SEA GAMES yang ke-26 tahun 2011 mendatang, Iwan Darmawan juga telah mengajak penyiar untuk menyukseskan program tersebut.

Lain halnya dengan Darwin Syarkowi, Public Relation Manager Radio Smart FM Palembang, sebagai pimpinan radio lokal jaringan nasional pihaknya turut  berpartisipasi menyukseskan SEA GAMES di kota Palembang. Langkah yang diambil Radio Smart FM Palembang adalah membuat jargon-jargon SEA GAMES dan melibatkan lembaga penyiaran seperti KPID dan lembaga pemantau penyiaran baik dari unsur mahasiswa maupun LSM.

Oleh: Alimuddin

Jl. Angkatan 45 No.2282

Pakjo Palembang 30137