Porseni Pelajar Lahirkan Catatan Sejarah Baru


Pekan olahraga dan seni pelajar tingkat kabupaten yang diselenggarakan seksi pembinaan olahraga dan prestasi Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar telah menorehkan catatan sejarah baru dalam pengembangan pendidikan di lingkungan SMA Negeri Satu Pasimarannu.

Pasalnya, kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih sepekan ini telah  berhasil mencetak lahirnya bibit-bibit atlit baru dari daerah kepulauan terpencil nun jauh di seberang lautan sana. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya tujuh nama atlit baru dari lingkungan kampus SMANSA Pasimarannu yang siap membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Selayar di belantika olahraga tana h air.

Tujuh nama atlit dimaksud masing-masing : Samiati, Alfian (atlit lari), Ardiansyah, Mariama (atlit catur), Ica Ardianty (Atlit tenis meja puteri), Sunardiman, Utami Rezky (atlit bulu tangkis). Selain terbukti, melahirkan tujuh nama atlit baru asal SMANSA Pasimarannu, ajang porseni tingkat kabupaten tahun 2011 yang mengikutkan seluruh sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas se Kabupaten Kepulauan Selayar tersebut juga terbukti mampu mencetak lahirnya empat orang insan seni dari lingkungan sekolah berusia empat tahun, yang dinakhodai Zainal Abidin, S.Pd itu.

Ke empatnya adalah : Faizal Rahman, Nurhaeda (peserta lomba baca  Al Qur’an), Hendi Ardiana Putera (Peserta lomba lukis) dan Risman Pasha (Peserta Lomba Nyanyi Solo). Munculnya nama-nama atlit dan insan seni baru dari lingkungan SMANSA Pasimarannu, sekaligus menjadi bukti nyata, bahwa anak pulau juga memiliki kemampuan berkreasi untuk menggapai prestasi.

Perkembangan roda zaman, telah mengantarkan anak pulau sejajar dengan anak-anak kota pada umumnya. sehingga, bukan lagi saatnya, menempatkan anak pulau sebagai kaum minoritas terpinggirkan. (*)

Laporan : Fadly Sang Journalis

fadly80_sly@yahoo.co.id