Jalan Gontor Dibongkar Ulang


Tadi siang, Kamis (30/6/2011) sekitar pukul 12 WIB, mendadak wakil bupati Tanjung Jabung Timur, Ambo Tang, mendatangi pondok modern Gontor 12.

Di pontren yang berlokasi di Kelurahan Parit Culum I, Muarasabak Barat, itu Ambo Tang mengeluarkan instruksi penting : sebagian jalan di lingkungan pontren harus dibongkar kembali.

Alasannya, pihak pontren merasa keberatan dengan timbunan jalan yang melebihi tinggi lantai Masjid. Sangat tidak elok jika lantai masjid lebih rendah dari jalan di depannya. Kepada pengawas dinas pekerjaan umum yang kemarin juga ada di lokasi, Ambo Tang memerintahkan jalan harus segera dikikis supaya lebih rendah.

Pembangunan jalan mulai dari simpang masuk hingga komplek pontren memang dibiayai oleh pemkab. Pembangunan jalan ini dikebut mengingat akan segera diresmikannya operasional pontren oleh Menteri Pendidikan dan Menteri Agama pertengahan Juli ini.

Peresmian itu menyusul selesainya beberapa bangunan inti pontren Darussalam Gontor 12. Selain ruang kelas, kantor, kantin dan asrama, di pontren ini juga sedang dibangun sebuah masjid.

Pontren Darussalam Gontor 12 berdiri di atas lahan seluas sepuluh hektar. Lahan ini juga merupakan hibah dari bupati Tanjabtim.

Pihak pontren optimis saat diresmikan, pontren sudah optimal untuk digunakan. Satu – satunya masalah saat ini hanyalah listrik yang belum sampai ke komplek.

Hingga kemarin, sudah terdaftar 18 belas orang calon santri. Pemkab Tanjabtim berharap masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memasukan anaknya ke Pontren Gontor 12.

‘’Tadi saya telepon Pak Bupati beliau minta sosialisasi yang lebih intensif mengenai penerimaan santri baru ini. Beliau juga yang memerintahkan agar jalan ini dikikis lagi supaya lantai Masjid jadi lebih tinggi,’’kata Ambo Tang.

Tompul/B21