Lima Warga Sampang Lakukan Sumpah Pocong


Lima orang warga Desa Poreh, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Rabu (6/7) sore, disumpah di Masjid Jamik Pamadegan, Kelurahan Polagan, Sampang.

Kelima warga itu masing-masing Baidlowi, 60, Badwi, 60, Mukiyah, 57, Senawan, 63 dan Mansyur, 46. Mereka melakukan sumpah pocong terkait tudingan kepemilikan ilmu santet.

Sebelum dimulai, lima warga yang masih bertetangga itu ditanya kesiapannya untuk menjalani sumpah pocong. Setelah menyatakan siap mereka dibungkus kain kafan dan dibaringkan dengan posisi kepala di utara layaknya jenazah yang akan disalati.

Sumpah pocong yang dihadiri unsur pimpinan pemerintahan Kecamatan Karangpenang dan disaksikan masyarakat sekitar itu dipimpin takmir mesjid, Kholil. Kepala Polsek Karangpenang, Iptu Harifi mengatakan sumpah pocong dilakukan berawal dari tudingan Badwi, Mukiyah, Senawan dan Mansyur terhadap Baidlowi yang dituduh memiliki ilmu santet dan menyebabkan kematian Asnan, kerabat mereka.

“Untuk menghindari tindakan main hakim sendiri, kami mempertemukan para penuduh dengan tertuduh dan disepakati untuk melakukan sumpah pocong,” katanya. Setelah ritual sumpah dilakukan, kelima warga itu menandatangani surat pernyataan tidak akan melakukan tindakan melawan hukum dan berdamai.

MI/B21
Iklan