XV Jadi Andalan Subaru


Harapan Subaru terhadap mobil anyar yang akan segera mereka produksi yakni Subaru XV nampaknya sangat besar. Target besar pun mereka pasang untuk mobil yang akan melawan Honda CR-V ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Direktur Motor Image yang merupakan pemasok mobil Subaru di kawasan Asia Tenggara, Glenn Tan di sela-sela pembukaan showroom Subaru di Surabaya, Minggu (10/7/2011).

“Kita sangat yakin dengan program CKD Subaru XV. Rencananya tahun depan kita luncurkan di Indonesia,” ungkapnya.

“Untuk target, tahun depan Subaru XV kita targetkan dapat terjual 1.700 unit per tahun. Sementara semua mobil yang kita bawa dari Jepang kita targetkan 500 unit di 2012,” bebernya.

Jadi dengan begitu, bisa dipastikan kalau Subaru akan menjadikan Subaru XV ini sebagai tulang punggung penjualan mereka di Indonesia.

Kepercayaan Glenn tersebut dikarenakan adanya nota kesepahaman (MOU) untuk mulai memproduksi mobil Subaru XV di Malaysia dengan Grup Tan Chong.

Dalam kontrak tersebut, FHI dan TC Subaru Sdn. Bhd yang merupakan distributor kendaraan Subaru di Malaysia sepakat untuk memulai produksi mobil Subaru pada Oktober 2012 di fasilitas produksi yang ada di Tan Chong Motor Assemblies Sdn. Bhd (TCMA) dengan kapasitas produksi 5.000 unit per tahun.

Dan mobil yang akan diproduksi adalah Subaru XV. Dengan dirakit di Malaysia dan dibawa masuk dalam bentuk CKD ke Indonesia, diperkirakan harga Subaru XV tidak akan semahal bila diboyong dari Jepang sebab ada perjanjian perdagangan bebas diantara negara-negara di Asean.

Mobil ini menurut Glenn akan memiliki basis yang sama dengan versi konsep yang sebelumnya diperlihatkan di Shanghai.

Untuk mesinnya, Subaru XV menurut Glenn akan mengusung mesin 2.0 bertransmisi otomatis. Selain itu, seperti halnya mobil Subaru lain, mobil ini juga akan mengusung sistem penggerak semua roda alias All Wheel Drive.