Smartphone HTC Thunderbolt Dengan Komponen Termahal


Smartphone HTC Thunderbolt disebut-sebut sebagai handset dengan harga material pembuatan termahal dibanding produk sekelasnya. Ini terlihat dalam pembongkaran komponen ponsel ‘halilintar’ tersebut.

Thunderbolt yang diedarkan di Amerika Serikat oleh operator Verizon ini dibongkar oleh IHS iSuppli Teardown Analysis Service. Harga material totalnya mencapai USD 262 atau sekitar Rp 2,2 juta.

Menurut iSuppli, harga keseluruhan material ponsel berbasis Android tersebut adalah yang tertinggi dari semua smartphone yang pernah mereka bongkar. Bahkan mendekati harga pada komponen tablet.

Dibanding iPhone 4 CDMA misalnya, komponen Thunderbolt lebih mahal. iPhone 4 CDMA menurut iSuppli komponennya seharga total USD 171,35. Mahalnya Thunderbolt terutama karena keberadaan teknologi 4G LTE di dalamnya.

Dilansir PCMag dan dikutip Senin (11/7/2011), komponen termahal di Thunderbolt adalah di sektor 4G LTE wireless standard, yang berbiaya USD 39,75. Yang termahal adalah pemakaian chip LTE baseband Qualcomm MDM9600 seharga USD 29.

Generasi iPhone terbaru yaitu iPhone 5 dikabarkan pula akan memiliki teknologi LTE. Jika demikian, Apple harus mengeluarkan lebih banyak uang di sektor komponen untuk membenamkan teknologi tersebut di iPhone 5.