Sosok Irjen Untung S Rajab Kapolda Metro Jaya


Polri kembali melakukan pergantian jabatan perwira tinggi. Rotasi itu tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor 1334 /VI/ 2011 tertanggal 30 Juni 2011.

Dalam TR Kapolri itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman dipromosikan menjadi Kepala Bareskrim Polri menggantikan Komjen Ito Sumardi. Sedangkan Ito Sumardi memasuki masa pensiun.

Posisi Kapolda Metro Jaya diisi Irjen Untung S Rajab yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur.

Pemilik nama lengkap Untung Suharsono Radjab itu lahir di Medan, Sumatera Utara. Seperti dikutip dari Pusat Komunikasi dan Informasi Polda Metro Jaya, Jumat 1 Juli 2011, alumnus Akpol 1977 itu menjadi salah seorang polisi yang menyandang gelar doktor.

Meski dilahirkan di tanah Karo, Untung justru tumbuh dan besar di Surabaya. Catatan karir kepolisiannya juga banyak dihabiskan di wilayah hukum Polda Jawa Timur. Dia pernah menjabat Kapolres Lumajang, Komandan Provost Polwiltabes Surabaya, Wakapolwiltabes Surabaya, Kapolwil Besuki dan juga Pernah menjabat sebagai Wakapolres Surabaya Selatan. Pada 15 maret 2011 lalu, pria yang hobi berkuda dan lari dilantik menjadi orang nomor satu di jajaran Polda Jawa Timur.

Sejak mendapat pangkat Brigadir Jenderal pada 1999, Untung tercatat pernah memimpin dua polda sebelum ke Jawa Timur.

Dia pernah ditugasi sebagai Kapolda DI Yogyakarta dan Kalimantan Selatan. Pada Oktober 2010, posisinya sebagai orang nomor satu di Polda Kalsel digantikan Brigjen Syafruddin, mantan ajudan Wapres dan Wakapolda Sumut.

Lepas dari Banjarmasin inilah, dia akhirnya naik pangkat menjadi  bintang dua dikarenakan mendapat amanah sebagai Widyaiswara Utama (Dosen utama) di Sespim Lemdiklat Polri.

Pada tanggal 14 Maret 2011, alumni SMAN 4 Surabaya ini kembali menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Untung dikenal sebagai pribadi yang terbuka, ramah, berani dan religius. Bicaranya ceplas-ceplos dengan dialek khas Suroboyo.

Dalam tugas awalnya, Inspektur Jenderal Untung S. Rajab, yang resmi menggantikan Komisaris Jenderal Sutarman sebagai Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, menegaskan untuk tidak mengumbar janji-janji memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Ibukota.

“Saya nggak biasa berjanji apa-apa, karena masyarakat sudah bosan dengan janji,” ujar Untung dalam sambutan acara pisah sambut di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin 11 Juli 2011.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini, berharap ke depannya dalam pelaksaaan tugas menjaga keamanan dapat bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. “Harus ada kerja sama yang baik untuk membangun Ibukota,” ucap lulusan Akademi Kepolisian 1977 itu.

Viv/B21
Iklan