iRiver Story HD Dirilis Google


Google telah menunjukkan keseriusannya di ranah buku digital (e-book) dalam satu tahun terakhir. Kini, raksasa internet itu akhirnya merilis e-reader pertamanya, iRiver Story HD.

Diproduksi oleh perusahaan elektronik Korea Selatan iRiver, Story HD akan dibanderol USD140 saat nantinya dipasarkan mulai 17 Juli mendatang. E-reader ini memungkinkan pembaca mengakses koleksi buku digital di perpustakaan Google serta dilengkapi layar resolusi tinggi e-ink dan keyboard qwerty.

“Story HD adalah pencapaian baru bagi kami, di mana iriver menjadi manufaktur pertama yang meluncurkan e-reader yang terintegrasi dengan ebook Google,” cetus Product Manager Google Books Pratip Banerji sebagaimana dikutip Straits Times, Selasa (12/7/2011)

“E-reader ini menyediakan akses over-the-air terhadap ratusan ribu buku digital berbayar maupun jutaan yang disediakan cuma-cuma oleh Google,” lanjut Banerji.

Kehadiran e-reader anyar milik Google ini jelas membuat kompetisi antara dua pemain besar lainnya, Amazon (Kindle) dan Barnes & Noble (Nook), kian sengit. Google sendiri meluncurkan toko buku elektronik online-nya, eBookstore, Desember 2010 lalu.

OZC/B21