Model “Hatchback” Digandrungi di AS


Konsumen mobil Amerika Serikat mulai menggandrungi mobil hatchback, terutama di segmen mobil kompak dan kecil. Hal itu dikemukakan Ford Motor Co seperti dikutip Detroit News, Selasa (12/7/2011).

Ford menyimpulkan hal itu didasarkan pada penjualan Fiesta. Ternyata 50 persen dari Fiesta yang terjual di AS adalah hatchback. Karena itu, Ford memperkirakan Ford Focus yang baru diluncurkan di negara itu, varian hatchback, akan mengambil porsi 41 persen.

Sementara itu, Robert Parker, Manajer Pemasaran dari Ford Group, mengatakan, tren baru lain konsumen mobil AS adalah menuntut interior yang mewah dan fitur-fitur baru yang makin banyak.

“Makin banyak konsumen tertarik dengan mobil yang irit bahan bakar, teknologi canggih, dan fleksibilitas tinggi. Misalnya mobil lima pintu,” kata Parker.

Eropa dan Kanada
Ditambahkan, selama ini orang Amerika menilai, mobil hatchback secara tradisional laku di Eropa dan Kanada karena pendapatan mereka rendah. Anggapan lain–merupakan stigma–hatchback adalah sinonim mobil murah, mesin kecil, dan desain yang membosankan.

Stigma lain, seperti dikatakan Dave Sullivan dari AutoPacific Inc, di Ann Arbor, Michigan, “Hatchback adalah mobil untuk anak sekolah. Mereka tidak punya uang dan jelek.”

Kini stigma itu mulai memudar. Konsumen AS mulai mengikuti cara orang Eropa. Mereka mulai tahu, selain serba guna, hatchback juga irit bahan bakar.

Ditambahkan, terjadinya perubahan pandangan konsumen AS itu karena sebagian dari mereka sudah bertahun-tahun menggunakan SUV dan crossover.

“Mereka akhirnya memilih hatchback karena memang mobil ini memberikan kenyamanan dan fleksibel,” kata analis penjualan Ford, George Pipas. Sullivan menambahkan, pengemudi crossover sebenarnya mengemudikan hatchback. Namun, mereka itu tidak mau mengakuinya.

Karena itu pula, bila pada tahap awal Ford hanya berharap porsi pasar Fiesta hatchback lima pintu hanya 40 persen, kini dinaikkan menjadi 60 persen. Bahkan, Focus yang baru diluncurkan di negara tersebut, strategi pemasarannya diset ulang. Komposisi penjualan Focus hatchback dengan sedan kini berimbang, 50-50.

Di Indonesia, penjualan hatchback sudah lama mengungguli sedan. Pasalnya, selain serba guna, pajak sedan lebih mahal daripada hatchback. Sedan umumnya digunakan untuk taksi dan mobil kelas menengah ke atas.