Senjata Terbaik Milik AS (2)


Meski bukan yang pertama dalam mengembangkan teknologi persenjataan, sejumlah senjata hanya dimiliki Amerika Serikat (AS). Apa saja?

Beberapa dari senjata yang ini memang sudah beredar selama beberapa tahun. Namun, mereka dimodifikasi kembali dan ada yang masih diproduksi. Berikut lanjutan 10 senjata eksklusif AS yang ditulis khusus oleh Business Insider.

Active Denial System(ADS) adalah kombinasi radar dan microwave. Sistem ini menembakkan gelombang elektromagnet yang diserap lapisan teratas kulit. Namun sakitnya luar biasa, sehingga militer sering menyebutnya goodbye weapon.

Laser Avenger produksi Boeing yang menembakkan laser 20 kali lebih panas ketimbang permukaan kompor listrik. Gelombang ini memotong cangkang artileri dengan mudah. Tujuannya defensif, yakni meledakkan Improvised Explosive Device (IED) yang mencederai serdadu.

Modular Advanced Armed Robotic System (MAARS Robot), si robot remote control serba guna untuk membuang bom. Robot ini bisa dimodifikasi dengan bermacam peledak seperti granat atau laser. Namun hingga saat ini, MAARS masih belum digunakan.

XM2010 Enhanced Sniper Rifle buatan Remington, merupakan modifikasi senapan berusia 22 tahun, M24. Senjata ini didesain untuk pertempuran jarak jauh dengan akurasi hingga 1.200 meter. XM2010 digunakan untuk ujian sniper dari akademi di Fort Benning.

XM25 Individual Airburst Weapon System (IAWS) atau disebut sebagai the punisher oleh serdadu AS di Afghanistan. Senjata tempur tunggal ini dikagumi karena kemampuannya memprogram peluncuran granat hingga 500 meter. (Tamat).