Inilah ‘Program-Program CSR’ PT Askes (Persero) Cabang Jambi di ‘2011


Program CSR, atau tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) PT Askes (Persero) Cabang Jambi, yang membawahi beberapa wilayah kerjanya, yakni Provinsi Jambi, Kota Jambi, dan 4 kabupaten lainnya, masing-masing yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, pada tahun Kelinci ini, dalam pelaksanaan program-program CSR-nya sinkron dengan Visi dan Misi JAMBI EMAS (Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera).

 

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Seksi Keuangan dan Umum PT Askes (Persero) Cabang Jambi, Anton Rachmadi kepada berita21.com, Senin (26/07/2011) di Telanaipura, Kota Jambi, menurutnya PT Askes (Persero) Cabang Jambi sejalan dengan pelaksanaan pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi dalam mewujudkan visi dan misi Jambi EMAS (Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) pada tahun 2015 yang akan datang.

 

Adapun, sasaran program-program CSR tersebut, mencakup Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sejalan dengan kewajiban BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam membantu masyarakat. Program PKBL itu, diantaranya program Jamkesmasda, membantu peningkatan perekonomian usaha kecil dan menengah, dan pemberian beasiswa bagi putra-putri Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SLTA, akademi maupun universitas, serta penyelenggaraan Program Bina Lingkungan berkerja sama dengan pemerintah daerah setempat, paparnya.

 

Secara terperinci, Anton mengungkapkan di tahun 2011 ini, PT Askes (Persero) Cabang Jambi telah membuat sasaran program-program CSR bagi masyarakat Jambi sejalan dengan pelaksanaan program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi untuk mewujudkan Jambi EMAS. Berikut ini, adalah program-program CSR PT Askes (Persero) Cabang Jambi, yang dilaksanakan pada tahun Kelinci ini.

 

1. Jamkesmasda

 

Jamkesmasda (Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah). Sasaran dari program ini, adalah pengelola asuransi bagi masyarakat miskin yang berada di wilayah Provinsi jambi dan Kota Jambi, serta beberapa kabupaten lainnya yang membawahi wilayah kerja PT Askes (Persero) Cabang Jambi, yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

 

Dalam hal ini, sumber pendanaan berasal dari pemerintah daerah setempat, melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) masing-masing, baik APBD provinsi, maupun APBD kabupaten dan kota.

 

“Total jumlah peserta Jamkesmasda, pada tahun 2011 mencapai 128,180 orang. Sumber dana berasal dari APBD masing-masing pemerintah daerah, diserahkan operasional untuk kegiatannya kepada PT Askes, lalu di kelola secara nirlaba, artinya pengelolaan keuangannya diserahkan kepada PT Askes untuk tidak mencari profit (keuntungan). Jadi, dana berasal dari pemerintah dan untuk pemerintah,” papar Anton.

 

Untuk diketahui, kata Anton, untuk peserta Jamkesmasda kali ini, masyarakat dapat dilayani oleh seluruh jaringan rumah sakit, dan seluruh puskesmas yang ada di seluruh wilayah kerja jaringan PT Askes. Untuk pelayanan kesehatan dasar, dapat diberikan di seluruh puskesmas yang ada, sedangkan pelayanan kesehatan lanjutan dirujuk ke rumah sakit yang ada di Provinsi Jambi milik pemerintah.

 

“Khusus rumah sakit rujukan, apabila tidak bisa ditangani oleh rumah sakit yang ada di Provinsi Jambi, maka PT Askes sudah memiliki jaringan 3 buah rumah sakit yang ada di luar Provinsi Jambi, yaitu Rumah Sakit Achmad Husin di Kota Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), dan Rumah Sakit M. Jamil di Kota Padang (Sumatera Barat), dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta,” beber Anton menjelaskan.

 

2. Bantuan Modal Usaha Kecil Menengah

 

Sejalan dengan kewajiban BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk membantu peningkatan perekonomian usaha kecil dan menengah. Bantuan permodalan ini, kata Anton, merupakan bantuan kredit lunak, serta bantuan lainnya seperti; pelatihan bagi pengusaha kecil dan bantuan pemasaran produknya.

 

“Minimal Rp.10 juta, dan maksimal Rp.50 juta,” tambah Anton.

 

Mereka, papar Anton, adalah warga binaan PT Askes, dimana para pelaku usaha tersebut tidak dlepaskan begitu saja. Namun, mereka tetap kita bina hingga mandiri dan mampu meraih sukses. “Totalnya, untuk angka sementara ini, jumlahnya sudah mencapai 68 warga binaan,” sebutnya.

 

3. Pemberian Bantuan Pendidikan

 

Beasiswa ini, dijelaskan Anton Rachmadi, merupakan bantuan pendidikan bagi putra putri para peserta Askes, yang umumnya adalah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan I dan Golongan II, yang sedang mengikuti pendidikan di jenjang SLTA, akademi maupun universitas.

 

“Pelaksanaan program ini, PT Askes (Persero) Cabang Jambi berkerja sama dengan DPW KORPRI Provinsi Jambi,” imbuhnya.

 

4. Bina Lingkungan

 

Program Bina Lingkungan PT Askes (Persero) Cabang Jambi, penyelengaraanya berkerja sama dengan pihak pemerintah daerah setempat.

 

Program Bina Lingkungan ini, konsepnya hibah untuk peningkatan fisik bangunan, sarana dan prasarana, seperti rehab bangunan tempat-tempat ibadah umat keagamaan, sunatan massal, dan bantuan korban bencana alam. Afrizal/B21

Iklan