Perjalanan Hidup Seorang Juru Parkir


Setiap insan yang hidup di dunia tentunya ingin merasakan bahagia di dalam menjalani kehidupan ini. Tetapi apa yang dirasakan seorang juru parkir yang saya temui ini sangatlah jauh dari kata bahagia.

Adalah Ali ( 66 tahun ) seorang juru parkir dibilangan Blok M Jakarta Selatan tepatnya di jalan Sultan Hasanuddin depan Bank Mega.

Sudah 20 tahun lebih dia menggeluti profesi ini dari setoran Rp. 500 per hari sampai sekarang menjadi Rp. 35.000 per hari. Jam operasinya juga mulai jam 07 pagi sampai pukul 15.30 sore  kecuali hari sabtu dan minggu libur.

Sungguh di luar kemampuannya, sampai sore ia hanya mendapatkan kelebihan penghasilan Rp. 35.000 setelah menyetor kepada Dinas Perparkiran Pemda DKI jadi dalam sebulan hnya mendapatkan hasil Rp. 700.000,-, sungguh  berat jika untuk menjalani hidup di kota besar seperti Jakarta ini.

Lelaki paruh baya asal Jember, Jawa Timur ini mengaku jika istrinya tidak bekerja sebagai buruh konfeksi maka tidak akan cukup sampai satu bulan.

” Anak saya ada 6 dan tinggal 1 orang saja yang belum menikah dan ikut saya.” ujar Ali kepada Berita21.com.

” Ada teman saya yang meninggal dunia dan sudah bekerja lebih dari 22 tahun dan keluarga yang ditinggalkan hanya diberi santunan 6 juta rupiah saja,” tambahnya.

Menurutnya kadang kala setiap hari ada preman yang meminta rokok atau minuman ringan kepadanya dan itu ia berikan dengan ikhlas, untungnya saya sering diberi tips oleh pengguna parkir yang ada, tambahnya.

” Apalagi minggu depan sudah mulai puasa, wah itu tantangannya berat buat saya karena setiap hari saya harus mendorong mobil yang diparkir, apalagi kalo cuaca panas terik, bisa batal pak.” tambah Ali dengan tersenyum.

Sungguh saya terharu mendengar cerita bapak yang tinggal di Tanjung Priok ini.

Akankah kita sebagai pengguna parkir mau memberikan ucapan terima kasih dan sedikit berkah buat juru parkir seperti Bp. Ali ini, sehingga akan terpancar rasa bahagia dalam hati dan sanubarinya.

Terima kasih pak, doaku selalu menyertaimu, terima kasih Juru Parkir…

sugie/B21
Iklan