Mandi di Bawah Tangga


Keberadaan ruang bawah tangga acapkali tidak efektif. Padahal, area ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, bahkan kamar mandi.

 

Seperti rumah contoh Melia Garden, di Perumahan Graha Raya, Serpong, Tangerang, ini misalnya. Di rumah terdiri dari dua lantai ini terdapat tangga untuk naik-turun. Agar mengoptimalkan ruangan di bawahnya, dibuatlah kamar mandi yang bisa digunakan oleh tamu.

Letak kamar mandi ini dibuat semi level dengan posisi langit-langit tetap memiliki ketinggian rata-rata dan tidak menyulitkan orang ketika masuk. Karena bertujuan mengoptimalkan ruang bawah tangga, kamar mandi di ruang tamu ini dibuat menyesuaikan sisa ruang.

Bentuk kamar ini memanjang dan tidak memberi space yang melebar. Di dalamnya, terdapat satu kloset dan perlengkapan kamar mandi lainnya meskipun tidak terlalu banyak.

Sebagai sebuah saran, kamar mandi di bawah tangga dapat dibuat bila level rumah terletak cukup jauh dengan ketinggian jalan raya. Ini terkait dengan saluran pembuangan yang efektif.

Pencahayaan dan sirkulasi udara juga cukup penting untuk diperhatikan. Pasalnya, di bawah tangga pemakaian exhaust fan bisa menjadi solusi untuk perputaran udara.

Iklan