Kondisi Pasar Tradisional Memprihatinkan


Angggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Drs H Istajib AS merasa prihatin atas kondisi manajemen dan fisik pasar tradisional di Jawa Tengah.

“Kondisi pasar tradisional di Jateng baik sistem manajemen maupun kondisi fisiknya memprihatinkan, perlu perhatian maksimal,” kata Istajib kepada wartawan di Semarang, Juma’t (12/8/2011).

Berdasarkan data tahun 2010, lanjutnya, terdapat 907 pasar tradisional. Kondisi 272 pasar tergolong masih baik, 280 pasar kondisinya kurang baik, 169 pasar kondisinya kurang baik, 3 pasar tidak bisa dipakai dan yang belum diketahui kondisinya berjumlah 182 pasar.

“Jika dikalkulasi pasar tradisional di Jawa Tengah 70% dalam kondisi tidak baik dan kurang memenuhi persyaratan sebagai pasar yang nyaman, bersih dan sehat,” tegasnya.

Istajib berharap kepada Gubernur Jawa Tengah agar melakukan langkah-langkah konkret untuk melakukan koordinasi bersama instansi terkait mulai Tahun Anggaran 2012.

“Apalagi dalam RAPBD 2012 diprediksi mencapai Rp. 6,7 triliun sehingga kalau untuk penataan dan pengembangan pasar dianggarkan Rp. 100 milyar, dalam kurun waktu 2 tahun ke depan kondisi pasar tradisional semakin membaik,” katanya sambil menambahkan kalau gagasan ini juga sudah sesuai dengan program Bali nDeso Mbangun nDeso.

Mim/B21

Berita21.com