Pertamina Diminta Jamin Stok LPG


Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap berbagai jenis bahan bakar minyak (BBM) termasuk LPG menjelang lebaran, harus disikapi oleh Pertamina.

Perusahaan minyak dan gas ini diminta menjamin ketersediaan BBM dan gas agar tidak terjadi kelangkaan di masyarakat.

Sekretaris Komisi B DPRD Jateng Yahya Haryoko khawatir jika sampai stok menipis, aka nada oknum yang bermain dengan menimbun BBM khususnya  LPG, sehingga akan terjadi kenaikan harga yang tidak wajar.

Situasi menjelang lebaran, lanjut Yahya,  biasanya juga akan dimanfaatkan oleh para oknum penyalur atau pedagang lain yang menjual LPG dengan tujuan untuk menaikan harga LPG. Apalagi sekarang ini LPG ukuran 3 kg tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat tidak mampu saja, tetapi juga oleh masyarakat menengah.

Dengan demikian, jumlah masyarakat yang menggunakan LPG 3 kg yang disubsidi oleh pemerintah semakin besar. Dikhawatirkan dengan kondisi tersebut justru akan berdampak kepada masyarakat yang tidak mampu akan kesulitan untuk mendapatkan LPG 3 kg.

“Kami berharap Pertamina selain menambah stok LPG khususnya untuk ukuran 3 kg, juga melakukan pengawasan ketat bersama pemerintah, aparat dan masyarakat agar tidak terjadi penimbunan di lapangan. Jika sampai ditemukan adanya pelanggaran, harus ada tindakan tegas kepada pelaku,” tegas Yahya Haryoko.

Kholis/B21

Berita21

Iklan