Uji Coba Tol Semarang – Solo Dipastikan H-10


Setelah berkali kali mengalami penundaan, uji coba jalan tol Semarang – Solo seksi 1 (Semarang – Ungaran) dipastikan dilaksanakan mulai H-10 lebaran. Kepastian ini diperoleh setelah Dirjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum  Djoko Murjanto memberikan persetujuan.

Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Danang Atmojo mengatakan hal itu setelah mendampingi Dirjen Bina Marga melakukan pengecekan langsung kondisi  jalan tol Semarang-Ungaran.

“Pak Dirjen sudah mengecek kondisi lapangan dan memberikan persetujuan uji coba operasional jalan tol Semarang-Ungaran pada H-10 Lebaran,” katanya, Kamis (11/8).

Uji coba operasional jalan bebas hambatan sepanjang kurang lebih 11 Km tersebut lanjut Danang, dilakukan sampai H+7 Lebaran 2011.

Selama masa uji coba jalan tol Semarang-Ungaran tak dilakukan pungutan retribusi kepada pengendara kendaraan. “Gratis tak ada pungutan retribusi,” tandasnya.

Hanya saja, sambung Danang, tak semua kendaraan bisa menggunakan fasilitas jalan tol itu karena untuk sementara diperuntukan bagi kendaraan kecil atau pribadi. Sedang kendaraan besar, misalnya truk, bus dan trailer dilarang lewat.

Pembatasan kendaraan ini, untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalulintas di pintu ke luar jalan tol di daerah Ungaran yang jalannya masih sempit.

“Nanti dari hasil uji coba akan dilakukan evaluasi hambatan yang dihadapi sebelum resmi dibuka untuk umum,” ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), pengelola jalan tol Semarang-Ungaran, Agus Suharjanto, menyatakan akan mengoperasional jalan tol Semarang-Ungaran pada H-7 Lebaran mendatang.

Menurut dia, saat ini pembangunan fisik jalan tol Semarang-Ungaran sudah rampung, demikian pula dengan rambu-rambu penunjuk jalan dan lampu penerangan untuk mendukung operasional jalan tol sudah siap

Kholis/B21

Berita21.com