Diet Mediteranian Bikin Umur Panjang


Sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa diet Mediterania diiringi sejumlah faktor lain, bisa berkemampuan memperpanjang usia hidup kaum Hawa hingga 15 tahun! Sedangkan pada pria 8 tahun.

Diet Mediterania memang tinggi akan sayuran, minyak zaitun, buah, kacang, ikan, dan biji-bijian serta rendah daging dan alkohol. Penelitian pun telah digelar selama 10 tahun oleh ilmuwan di University of Maastricht di Belanda yang diikuti 120.000 pria dan perempuan berusia 55-69 tahun pada 1986-1996.

Para peneliti mengatakan, para sukarelawan yang mengikuti diet Mediterania dikombinasikan dengan olahraga, tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal mampu hidup hingga 15 tahun lebih lama. Mereka juga mengatakan bahwa menjaga keempat faktor gaya hidup sehat itu dapat secara substansial mengurangi risiko kematian dini.

Seperti dikutip dari Dailymail, seorang peneliti dari Maastricht University, Profesor epidemiologi, Piet van den Brandt menjelaskan, sangat sedikit penelitian di seluruh dunia yang menganalisis hubungan antara kombinasi faktor gaya hidup dan mortalitas dengan cara ini.

“Hasil studi ini menunjukkan, gaya hidup sehat dapat menyebabkan manfaat kesehatan yang signifikan. Selain itu, efek diet Mediterania lebih jelas terlihat pada perempuan ketimbang pria,” ungkap Brandt.

Sementara itu, Brandt menambahkan bahwa dalam diet Mediterania, kacang-kacangan, sayur, dan asupan alkohol memiliki dampak terbesar pada tingkat kematian lebih rendah. Temuan telah diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition.

Berita21.com