Kenapa Perempuan Tak Tertarik Iptek?


Sebuah studi menyebutkan, perempuan cenderung tidak tertarik pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan matematika, pada kondisi khusus yang tidak dialami lelaki. Kondisi apa?

Studi yang dilakukan National Science Foundation, menemukan alasan mengapa perempuan cenderung tidak maju di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut penelitian itu, seorang perempuan, walaupun pendidikan dan kariernya tinggi, mereka tidak akan terlalu menonjol di bidang Iptek, jika ia mengalami dorongan kebutuhan romansa. Mereka tidak akan tertarik untuk menuntut ilmu atau berkarier di bidang tersebut.

Lora Park, profesor psikologi Universitas Buffalo, meneliti lebih dari 350 partisipan. Ia menemukan bahwa ketika tujuan dan kebutuhan romansa dalam hidup perempuan telah muncul dan aktif, baik dari diri sendiri maupun dorongan lingkungan, mereka akan lebih tertarik pada sektor yang lebih feminin seperti seni dan bahasa.

Mereka jadi tidak terlalu tertarik pada teknologi atau matematika. Uniknya, hal ini tidak terjadi pada kaum lelaki.

“Ini berhubungan dengan tradisi dan norma gender yang berlaku,” ujar Park seperti dikutip dari Futurity. “Peran gender menghambat perempuan untuk masuk ke ranah kehidupan maskulin, seperti ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambahnya.

Berita21.com

Iklan