Pulm Efektif Cegah Osteoporosis


Mendengar nama buah pulm memang tidak setenar seperti buah apel dan angur. Namun siapa sangka jika buah ‘hitam’ini ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang wanita yang telah mengalami menopause akan terhindar dari serangan osteoporosis dan patah tulang dengan memakan plum sekitar 10 buah setiap harinya.

Plum yang juga dikenal memiliki senyawa anti-kanker ini ternyata dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Seperti dikutip dari Dailmail, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Florida dan Oklahoma telah membuktikan plum yang dikeringkan ternyata lebih bermanfaat dibandingkan buah ara, kurma, stroberi, apel, atau kismis kering untuk meningkatkan kepadatan tulang. Plum bekerja untuk menekan kerusakan tulang yang biasanya terjadi saat usai seseorang semakin bertambah.

“Sepanjang karier saya telah menguji banyak buah untuk melihat efeknya terhadap tulang. Tapi tidak pernah ada yang memiliki efek sebaik buah plum,” kata Bahram H. Arjmandi, profesor dari Universitas Florida, yang juga Kepala Departemen Ilmu Nutrisi, Makanan, dan Olahraga Amerika.

Para ahli dari Florida State and Oklahoma State University melakukan percobaan dengan melibatkan 100 wanita pascamenopouse. Sebanyak 55 wanita diminta untuk mengkonsumsi 100 gram plum setiap hari selama 12 bulan, sementara sisanya diminta mengkonsumsi 45 gram apel kering sebagai pengganti plum.

Setiap hari, peserta juga menerima suplemen mengandung 500 mg kalsium dan vitamin D sebanyak 400IU.

Hasil analisis menunjukkan bahwa, wanita yang mengkonsumsi plum memilki kepadatan tulang lebih tinggi pada bagian ulna (tulang lengan) dan tulang belakang dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi apel.

Semua buah dan sayuran, katanya, mengandung nutrisi yang baik. Namun hanya beberapa dari mereka yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tulang.

Arjmandi bersama dengan sekelompok peneliti melakukan uji coba bagi dua kelompok wanita menopause. Selama setahun, kelompok pertama yang terdiri dari 55 orang wanita diminta mengonsumsi 100 gram plum kering atau setidaknya 10 buah per hari. Sedangkan kelompok yang satunya diminta mengonsumsi buah apel yang dikeringkan dengan takaran yang sama.

Berdasarkan penelitian itu terlihat semua peserta uji coba mendapatkan kalsium dan vitamin D dari kedua makanan itu. Namun kelompok yang memakan plum kering memiliki kandungan mineral yang membuat tulang lebih padat di bagian ulna dibandingkan dengan kelompok lainnya. Ulna adalah salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di lengan bawah dan tulang belakang.

“Dalam lima-tujuh tahun pertama setelah mengalami menopause, wanita berisiko kehilangan tulang sekitar 3-5 persen per tahun,” kata Arjmandi. “Namun hal itu tidak hanya terjadi pada wanita, pria berumur sekitar 65 tahun pun akan mengalami hal yang sama seperti wanita.”

Ia menyarankan jangan menunggu sampai tulang Anda patah atau mengalami osteoporosis dan harus mendapatkan perawatan dokter.

“Lakukan sesuatu yang bermakna dan praktis, seperti memakan buah ini. Plum dapat dimakan dalam bentuk apa saja dan dijadikan sebagai resep masakan,” ungkapnya.

Iklan