Proyek Milyaran Rupiah di Kantor BPS Provinsi Jambi Patut Dipertanyakan


Proyek milyaran rupiah di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi tahun ini patut dipertanyakan.

Pasalnya proyek rehabilitasi pembangunan gedung Kantor BPS Provinsi Jambi, yang berlokasi di Jalan A. Yani No.4, Telanaipura, Kota Jambi tersebut terjadi kejanggalan yang sangat serius dalam isi dokumen pengumuman pemenang lelang pengadaan jasa borongan yang nilainya mencapai satu milyar lebih -sehingga menjadi sorotan publik, terutama para penggiat anti korupsi di Jambi maupun di seluruh Indonesia.

Dari penelusuran berita21.com di Kantor BPS Provinsi Jambi, ada kejanggalan yang sangat serius terkait isi surat dokumen pengumuman pemenang lelang yang diumumkan oleh pihak Kantor BPS Provinsi Jambi, tertanggal 20 Juli 2011 oleh Kepala BPS Provinsi Jambi selaku pengguna anggaran.

Yang lebih mencurigakan lagi, berdasarkan hasil penelitian oleh media ini, ada ketidak cocokkan antara tahun anggaran proyek rehabilitasi pembangunan gedung Kantor BPS Provinsi Jambi dengan isi surat pengumuman pemenang pelelangan umum bernomor:08/PAN/BPS-JBI/2011, yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Pelelangan Umum, Ahmad Fauzie. (Dapat dilihat dalam isi kutipan surat pengumuman pemenang pelelangan umum dibawah ini, red).

Ketika dikonfirmasi oleh media ini, Ketua Panitia Pelelangan Umum, Ahmad Fauzie sangat terkejut, terkait perihal ketidak cocokkan antara tahun anggaran proyek rehabilitasi pembangunan gedung Kantor BPS Provinsi Jambi yang tercantum ‘TAHUN ANGGARAN 2010’ -dengan isi surat pengumuman yang bernomor:08/PAN/BPS-JBI/2011.

“Mana. O, itu. Biar kita cek, dulu,” sebutnya, saat diperlihatkan hasil dokumentasi photo yang berhasil diperoleh berita21.com, Rabu (24/08/2011) di lokasi kantor baru Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi di dalam lingkungan Komplek Mall Kapuk (eks. Bank Permata Cabang Jambi, red), Jalan M. Husni Thamrin, No.18, Pasar, Kota Jambi, yang sekarang ini dijadikan kantor sementara hingga pekerjaan rehab pembangunan gedung kantor tersebut rampung dikerjakan oleh rekanan pemenang.

Sementara hal yang sangat kontras, justru dalam isi surat pengumuman pemenang pelelangan umum bernomor: 08/PAN/BPS-JBI/2011, disebutkan   ‘Tahun Anggaran 2011’. Mana yang benar, dan ada sesuatu yang ditutup-tutupi dalam pelaksanaan lelang kali ini.

Berikut ini, adalah isi dokumen pengumuman lelang yang berhasil diabadikan oleh berita21.com, saat melakukan pengecekan proyek rehabiilitas pembangunan gedung Kantor BPS Provinsi Jambi di lokasi proyek, belum lama ini.

“..PANITIA PELELANGAN UMUM

PENGADAAN JASA PEMBORONGAN

DILINGKUNGAN BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI JAMBI

TAHUN ANGGARAN 2010* (ada kejanggalan yang sangat serius)


PENGUMUMAN PEMENANG PELELANGAN UMUM
Nomor : 08/PAN/BPS-JBI/2011* (patut dipertanyakan)


Kegiatan: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi
Pekerjaan: Rehabilitasi Gedung Kantor
Lokasi : Kota Jambi
Tahun Anggaran: 2011
Sumber Dana: APBN..”

(dikutip dari lembaran isi dokumen pengumuman lelang yang dipajang di kaca dekat pintu masuk kantor BPS Provinsi Jambi, Agustus 2011).

Afrizal/B21