Ikatan Pemuda Indonesia Bantu Korban Kebakaran Pulau Pandan Legok Jambi


Simpati bagi korban bencana kebakaran di wilayah Palau Pandan, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi terus berdatangan, salah satunya datang uluran tangan dari salah satu organisasi kemasyarakaratan IPI (Ikatan Pemuda Indonesia) Jambi.

Menurut Sekretaris Ikatan Pemuda Indonesia Provinsi Jambi, Faisal, yang datang bersama rombongan, yakni Dansatgas Ikatan Pemuda Indonesia Provinsi Jambi, Thamrin Arbain, Ketua IPI Kota Jambi, Amrizal, beserta tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda Legok, Sutrisno.

Faisal menyatakan prihatin dengan nasib warga yang menjadi korban bencana kebakaran yang telah membumi hanguskan 169 rumah warga di lima rukun tetangga setempat, masing-masing yaitu RT.27, RT.28, RT 34, RT.35, dan RT.38 di wilayah Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, pada 1 September 2011 lalu, tepat hari kedua bulan Syawal Hari Raya Idul Fitri kali ini.

“Kami sangat prihatin melihat (kondisi) ini. Dan, Kami berharap ada solusi dari pihak Pemerintah Kota Jambi untuk meringankan penderitaan mereka,” sebutnya kepada berita21.com, disela-sela saat menyalurkan bantuan kepada perwakilan warga korban kebakaran yang diterima masing-masing ketua rukun tetangga setempat, Selasa siang (06/09/2011).

Sementara senada dengan itu, juga diungkapkan oleh Tokoh Pemuda Legok, Sutrisno, yang turut mendampingi rombongan IPI, dia menyatakan pihaknya sangat mengharapkan kepada organisasi kemasyarakatan Ikatan Pemuda Indonesia untuk mendorong kesusahan warga korban yang saat ini sangat dibutuhkan, terutama bantuan bahan makanan dan obat-obatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui, serta bantuan peralatan sekolah anak-anak.

Disinggung juga soal bantuan pakaian bekas layak pakai bagi anak-anak Balita (bayi usia dibawah lima tahun) dan Batita (bayi dibawah usia tiga tahun), tambah Sutrisno, yang saat ini masih kurang sehingga diharapkan bisa secepatnya diterima oleh warga yang memang benar-benar paling dibutuhkan saat ini.

“Kami sangat mengharapkan sekali bantuan peralatan sekolah bagi anak-anak yang menjadi korban kebakaran ini, serta kepedulian dari para phak untuk membantu pakaian bekas yang layak pakai untuk anak Balita dan Batita, yang saat ini masih sangat kurang sekali,” tuturnya kepada media online ini.

Bantuan yang diberikan Ikatan Pemuda Indonesia kepada korban kebakaran kali ini, berupa 14 duz air minum dalam kemasan, 3 karung pakaian bekas layak pakai untuk orang dewasa, remaja dan anak-anak, serta beberapa sepatu bekas untuk kebutuhan sekolah anak-anak.

Dikatakan Ketua RT.35, Sulaimi Saleh saat ditemui berita21.com, disela-sela itu, Sulaimi menyatakan harapannya agar uluran tangan dari para donatur (para penyumbang) benar-benar bisa dimanfaatkan oleh warga, yang saat ini benar-benar membutuhkan.

Disamping itu, sambung Sulaimi, pihaknya mengharapkan sekali agar Organisasi Kemasyarakatan Ikatan Pemuda Indonesia untuk mendirikan posko pengaduan dan melakukan pengawasan segala bantuan bagi korban bencana kebakaran kali ini.

Karena sangat banyak sekali bantuan-bantuan kemanusiaan dari para donatur ke lokasi kebakaran tanpa pengawasan yang ketat. Kemudian, tambah Sulaimi, dirinya bersama seluruh warga yang menjadi korban kebakaran sangat mengharapkan janji-janji dari pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun Pemerintah Kota Jambi untuk membantu masyarakat di lima rukun tetangga tersebut secepatnya direalisasikan, demikian paparnya.

“Bantuan pribadi dari Pak Gubernur (Hasan Basri Agus) Rp.500 juta, dan bantuan dari Walikota (Bambang Priyanto) yakni Rp.500 juta segera direalisasikan ke masyarakat, yang saat ini sangat membutuhkan,” ungkapnya menjelaskan.

Afrizal/B21

Iklan