Nyari Ketoprak Jakarta di Jambi, Ke ‘Kedai Almas Mpok Sri’ aja, Enak Bangettt!!!


Mencari ‘Ketoprak’ di Jambi, mungkin bagi anda yang memang asli Jakarta sangat sulit untuk mencarinya.

Tapi apa yang dialami topkuliner.com ketika mendatangi ‘Kedai Almas’ di daerah Bangunan Bawah, depan IAIN Sultan Thaha Syaifudin Jambi, di wilayah Telanaipura, Kota Jambi justru apa yang dicari-cari oleh penulis selama ini, selama berdomisili di Tanah Pilih ‘Kota Jambi’ Pesako Betuah puluhan tahun lamanya, Ketoprak –jenis kuliner khas dari Jakarta, asli masakan daerah Betawi ini, malah penulis merasakan bagaikan berada di kampung halamannya sendiri, yang memang  sejak lama sangat merindukan masakan khas asal Betawi yang amat terkenal itu.

Ketoprak ‘Kedai Almas’ punya Mpok Sri ini, cukup membuat lidah penulis sangat berselera sekali untuk segera menikmati kuliner khas Jakarta ini, yang  memang di daerah asalnya, tempat tinggal penulis yang berasal dari daerah Matraman (Jakarta Timur,red) memang kerap dijual dengan gerobak perahu khas Jakarta di setiap gang-gang yang ada di seantero wilayah Jakarta sana, terasa banget dikampung sendiri.

Ketoprak Mpok Sri, memang-memang banget, dech. Kaga ada yang berubah, rasanya, mihunnye, toge segernye, tahu gorengnye, kerupuknye, dan telor rebusnye, bahkan bumbu kacang dengan ulekannya pun –yang paling khas untuk sajian Ketoprak Jakarta terasa banget, kaya makan di Kampung Matraman, tempat ‘ortu’ penulis tinggal sampai sekarang ini.

“Enak khan, Ketopraknya, Mas,” sebut Mpok Sri kepada topkuliner.com.

“Ini die, yang gue cari selama ini,” batin penulis sambil menyantap lezatnya kuliner asli Batawi yang amat terkenal ini sambil manggut-manggut.

Diceritakan oleh Mpok Sri, Ketopraknya baru buka sejak Januari 2011 lalu, tepatnya awal tahun baru 2011.  Kenapa warungnya, mesti dinamakan ‘Kedai Almas’. Kedai Almas itu, aku Mpok Sri, singkatan dari kedua nama anak kandungnya, yaitu Aldila dan Dimas.

“Sengaja, saya kasih nama Kedai Almas, Mas. Karena Almas itu, singkatan nama anak kandung saya, Aldila dan Dimas,” demikian sebutnya. Untuk mencari Ketopraknya Mpok Sri di kedainya, antara pukul 16.00 WIB (sore hari) sampai pukul 23.00 WIB. Atau, anda tinggal pesen lewat nomor hapenya, yaitu 0852 66011 375. Bereskan!!.

Afrizal/TopKuliner

Iklan