Santiko Wicaksono Pimpin SAPMA Kota Semarang


Santiko Wicaksono akhirnya secara aklamasi terpilih sebagai ketua DPC Sapma PP (Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila) Kota Semarang Periode 2011 – 2014 dalam Konferensi Cabang (Konfercab) di aula BLKI Semarang, Minggu (18/9).

Santiko yang tercatat dari PKPM Undip ini terpilih secara aklamasi setelah beberapa calon lainnya menyatakan mundur sesaat sebelum pemilihan. Karena pemilihan  berlangsung aklamasi, konfercab tersebut rampung lebih cepat dari jadwal yang dibuat.

Ketua Panitia Konfercab Bangkit Fajar Erawan mengatakan, bahwa konfercab tersebut diikuti oleh 17 PKPM (Pusat Kegiatan Pelajar Mahasiswa) Sapma PP di Kota Semarang, dimana masing-masing PKPM mengirimkan 5 orang utusan. Ke-17 PKPM itu antara lain PKPM Undip, PKPM IKIP PGRI, PKPM Udinus, PKPM Unika Soegiyapranoto, PKPM USM, PKPM SMUN 1, SMUN 3, SMUN 10 dan lain-lain.

“Namun yang memiliki hak suara hanya 18 orang, yaitu setiap PKPM satu suara ditambah pengurus Sapma PP kota Semarang domisioner. Namun akhirnya, pemilihan bisa dilakukan dengan aklamasi,” kata Bangkit.

Ketua DPW Sapma PP Jateng  Bambang Eko Purnomo, SE dalam sambutan saat pembukaan meminta kepada semua anggota Sapma PP untuk tidak malu memakai seragam kebesaran organisasi dan juga menjalankan program-program organisasi.

“Sebagai pelajar dan mahasiswa harus bangga menjadi anggota Sapma PP, mengingat organisasi ini adalah organisasi yang sangat menjunjung tinggi Pancasila dan berusaha membumikan nilai-nila pancasila di negara Republik ini. Pancasila sebagai dasar negera kita, harus kita jaga dan diamalkan,” terang tokoh pemuda yang juga anggota Komisi C DPRD Jateng ini.

Dalam kesempatan itu, Bambang Eko juga meminta kepada semua anggota Sapma PP untuk berani mencalonkan diri sebagai Ketua Sapma PP Kota Semarang. Menurutnya, banyak calon yang muncul akan lebih baik bagi perkembangan organisasi ke depan.

“Silahkan maju, jangan takut. Tapi kalau memang tidak mampu, jangan memaksakan diri,” kata politisi dari Partai Demokrat ini.

Kholis/B21