Seniman Semarang Kutuk Perusakan Patung


Puluhan seniman yang tergabung dalam Forum Penyelamat Budaya Nusantara (format Bara) mengutuk perusakan patung yang dilakukan sekelompok pendemo di Purwakarta Jawa barat beberapa waktu yang lalu.

Perusakan patung wayang bima, gatutkaca dan semar merupakan penghinaan terhadap hasil budaya bangsa. “Apapun dalihnya perusakan itu tidak dibenarkan, itu menghina seniman dan budaya bangsa” ungkap Joko Gatutkoco disela sela aksi keprihatinan seniman Semarang di depan kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (29/9).

Menurutnya, wayang merupakan kekayaan budaya masyarakat dan bangsa indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Selain itu wayang juga menjadi media pendidikan moral dan spiritual bangsa yang sudah berurat berakar dalam kehidupan bangsa.

Untuk itu mereka meminta pemerintah Provinsi Jawa Tengah ikut serta mengambil langkah – langkah, agar peristiwa anarkis di kota Purwakarta Jawa Barat tidak terjadi di wilayah ini.

Lebih lanjut Joko mengharapkan agar aparat keamanan memproses perusakan itu agar tidak merembet ke daerah daerah lain. “Aparat harus bertindak tegas dengan mengusut tuntas kasus tersebut. Kalau tidak diusut bisa menjadi preseden buruk dan dikawatirkan merembet ke daerah lain,” ungkap Joko.

Kholis/B21