Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pemuda Jambi, Kemenpora Gelar Latpim


Staf Ahli Menteri bidang Pengarusutamaan Pemuda dan Olahraga pada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Adiati Noerdin menyampaikan sekarang ini, perlu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri pemuda Indonesia, termasuk para pemuda Jambi dalam mengisi pembangunan.

Hal itu, ia sampaikan kepada seluruh pemuda Jambi, yang hadir dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan pemuda kemasyarakatan tahun 2011 di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, di Shanghai Room, Hotel Abadi Jambi, Jumat malam (30/09/2011).

Alasan Adiarti mengungkapkan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor.40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan disebutkan, sebagai landasan hukum bagi pembangunan kepemudaan di Indonesia, salah satu tujuannya adalah mewujudkan pemuda Indonesia yang tangguh dan mandiri dalam pembangunan kepemudaan saat ini.

Untuk mewujudkannya, tambah Adiarti, pemuda Indonesia harus mempunyai syarat kepemimpinan dalam jiwanya. “Pemuda (Pemuda Indonesia) mesti mempunyai jiwa kepemimpinan untuk membangun kepemudaaan yang tangguh dan mandiri. Pemerintah wajib memfasilitasi untuk menumbuhkan jiwa kepemudaan di dalam diri pemuda, dan salah satunya melalui pemberian pelatihan kepemimpinan pemuda ini,” paparnya.

Pasal 3, Undang-Undang Nomor.40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, disebutkan tujuan Kepemudaan, yakni terwujudnya pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda mempunyai kekuatan moral, kontrol sosial, dan pemuda sebagai agen perubahan di negeri ini. Salah satu tujuan yang mesti dicapai, diungkapkan Adiarti Nordin, jiwa kepemimpinan pemuda dalam dirinya dapat menumbuhkan jiwa yang tangguh dan mandiri, sekaligus memberikan pengaruh.

Dalam kaitannya untuk mempertajam potensi kepemimpinan dalam jiwa kepemudaan tersebut, tambah Adiarti, memberikan pembekalan melalui pelatihan kepemimpinan guna menambah pengetahuan, wawasan, jaringan pemuda di seluruh Indonesia, termasuk jaringan kepemudaan di seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi, demikian sebutnya.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan pemuda kemasyarakatan, yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga RI berkerja sama Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Jambi bidang Kepemudaan ini, diikuti hampir seluruh organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan serta organisasi kemasyarakatan lainnya di seluruh wilayah kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi, dan perwakilan unsur muspida setempat.

Seperti pesan yang diucapkan oleh Bapak Proklamator Indonesia, Presiden Soekarno dalam pidatonya yang sangat terkenal, “Berikan Aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan Aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncang Dunia,” pekiknya.

Afrizal/B21