Rapimnas KNPI di Hotel Sari Pan Pacific Menegaskan Komitmen Arah Perjuangan KNPI Kedepan


Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pimpinan Ketua Umum DPP KNPI hasil Kongres di Ancol, Ahmad Doli Kurnia, beserta Sekretaris Jenderal DPP KNPI Ancol, Pahlevi Pangerang yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, 26-27 September 2011 yang lalu, begitu sangat monumental dan membawa angin segar bagi kepengurusan DPD Tingkat I KNPI wilayah Provinsi Jambi dibawah pimpinan Ketua DPD Tingkat I KNPI Provinsi Jambi saat ini, Iwan Yulianes Madjid dan Sekretaris DPD Tingkat I KNPI Provinsi Jambi, Reynaldo Halson Lubis.

Pasalnya, rapimnas KNPI di Hotel Sari Pan Pacific, yang juga dihadiri oleh Ketua KNPI Aziz Syamsuddin tersebut erat kaitannya bagi kelangsungan dan kemajuan organisasi kepemudaan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini, sekaligus bersifat strategis bagi pengembangan dan kesolidan KNPI di masa-masa yang akan datang. Hal itu terungkap dari testimoni (kesaksian) pernyataan yang diungkapkan oleh Sekretaris DPD Tingkat I KNPI Provinsi Jambi, Reynaldo Halson kepada berita21.com, saat ditemui di Pondok Lesehan ‘Restoe Boemi’ di wilayah Telanaipura, Kota Jambi, Rabu sore (05/10/2011).

Reynaldo Halson, merupakan satu-satunya peserta yang mewakili Provinsi Jambi untuk menghadiri acara rapimnas KNPI pimpinan Ahmad Doli Kurnia dan Pahlevi Pangerang ini, dirinya merasa senang dan bersyukur dengan peristiwa yang terjadi di arena rapimnas kali ini.

“Saya sangat senang dan bersyukur, bisa hadir di arena rapimnas KNPI (KNPI pimpinan Ahmad Doli Kurnia) ini, karena rapimnas KNPI kali ini, yang juga dihadiri Aziz Syamsudsdin (Ketua KNPI versi Kongres Bali), serta para tokoh nasional dan tokoh senior-senior KNPI lainnya, seperti Agung Laksono (Menkokesra Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II), Yapto Soelistyo Soerjosoemarno (Ketua Umum Pemuda Pancasila) dan yang lainnya. Maaf, saya lupa nama-namanya,“ papar Reynal, biasa disapa.

Saat menanggapi adanya istilah penyebutan bahwa rapimnas KNPI hasil Kongres di Ancol pimpinan Ahmad Doli Kurnia dan Pahlevi Pangerang, yang juga dihadiri oleh Ketua Umum KNPI hasil Kongres Bali, Azis Syamsudin merupakan rapimnas bersama, dibantah Reynaldo mentah-mentah.

“Rapimnas KNPI (KNPI hasil Kongres Ancol pimpinan Ahmad Doli Kurnia) ini, merupakan murni acaranya rapimnas KNPI yang sah dibawah kepengurusan Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia dan Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Pahlevi Pangerang,” imbuhnya.

Dikatakan Reynal, rapimnas KNPI pimpinan Ahmad Doli Kurnia yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific (Jakarta) tahun 2011 kali ini, merupakan tahapan dari sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar sebelumnya, yakni Rapat Kerja Nasional (rakernas) Komite Nasional Pemuda Indonesia, pada Juni 2011 lalu yang digelar di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Kemudian, hasil rakernas tersebut merekomendasikan untuk menggelar Kongres KNPI di Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat. Namun, justru saat digelar rapimnas KNPI pada 26-27 September 2011 di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, malahan merekomendasikan untuk menggelar kongres di Jakarta, pada 25-28 Oktober ini, tutur alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Jambi ini, menambahkan.

Ditegaskannya kembali, menurut mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Provinsi Jambi periode 2006-2009 ini, pihaknya dengan tegas menyatakan menolak apabila berkembang isu soal ‘Kongres Bersama KNPI’. Dirinya menyebutkan, sesuai AD (Anggaran Dasar) dan ART (Anggaran Rumah Tangga) Komite Nasional Pemuda Indonesia, tidak dikenal istilah ‘Kongres Bersama KNPI’.

“Terus terang, kami sangat menolak bila ada anggapan bahwa kongres KNPI yang akan (segera) diselenggarakan di Jakarta, pada 25-28 Oktober ini disebut ‘Kongres KNPI Bersama’. Bukan kongres bersama, tetap namanya kongres KNPI. Dan itu, dalam aturan AD/ART KNPI, tidak ada dikenal kongres bersama.

Hanya saja, dalam putusan rapimnas KNPI kemarin (Rapimnas KNPI hasil Kongres Ancol, dibawah pimpinan Ahmad Doli Kurnia, pada 26-27 September 2011 di Hotel Sari Pan Pacific,red) disepakati untuk membagi dua posisi pada setiap masing-masing kegiatan pelaksanaan kongres, yaitu kepanitiaan kongres dan SC (steering committee). Posisi ketua panitia diserahkan kepada orangnya Azis Syamsuddin dan sekretaris dipegang oleh orangnya Ahmad Doli Kurnia. Sebaliknya, untuk posisi ketua steering committee diduduki oleh orangnya Ahmad Doli Kurnia, dan sekretarisnya dipegang oleh orangnya Aziz Syamsuddin. Selang-seling, lah,” rinci Reynaldo panjang lebar.

Seperti diketahui, KNPI terjadi dualisme kepemimpinan sekarang ini, masing-masing, yakni KNPI hasil Kongres di Ancol (Jakarta Utara) pada 25-28 Oktober 2009, dibawah kepemimpinan Ketua KNPI Ahmad Doli Kurnia dan KNPI hasil Kongres Bali, terpilih Aziz Syamsuddin pada 2 November 2009, yang didukung Adhyaksa Daulth, ketika itu Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Namun, dalam perkembangannya Ketua KNPI Ancol, Ahmad Doli Kurnia tergusur dari posisinya dan menggugat perdata terpilihnya Ketua KNPI hasil Kongres Bali, Aziz Syamsuddin dan kelompoknya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dinilainya telah melanggar ketentuan AD dan ART KNPI.

Pada akhirnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan kepemimpinan Ketua Umum KNPI hasil Kongres Ancol, Ahmad Doli Kurnia adalah yang sah, sesuai AD dan ART KNPI, dan seiring dengan itu terjadi dualisme kepemimpinan KNPI antara Ketua KNPI hasil Kongres Ancol terpilih, Ahmad Doli Kurnia dan Ketua KNPI hasil Kongres Bali, Aziz Syamsuddin sehingga berimbas ke seluruh daerah sampai saat ini. Akan tetapi, dengan diselenggarakannya Rapimnas KNPI versi Ahmad Doli Kurnia pada 26-27 September lalu, yang juga dihadiri oleh Ketua KNPI hasil Kongres Bali, Aziz Syamsuddin terjadi suatu peristiwa yang paling monumental dalam perjalanan oganisasi kepemudaan tertua di tanah air ini, pada hari ini, hari esok, dan di masa yang akan datang, termasuk perjalanan KNPI di ‘Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’ ini.

Hasil Rekomendasi Rapimnas

Adapun hasil rapimnas KNPI pimpinan Ahmad Doli Kurnia dan Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Pahlevi Pangerang, yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, pada 26-27 September 2011, dipaparkan Reynaldo Halson menghasilkan 3 putusan. Pertama; yang merupakan peserta penuh adalah merupakan hasil musprov (musyawarah provinsi) bukan hasil careteker. Kedua; DPD Tingkat I KNPI, yang berhak ikut kongres adalah peserta yang surat keputusannya ditanda tangani oleh Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia dan Sekretaris Jenderal DPP KNPI Pusat, Pahlevi Pangerang. Ketiga; penyelesaian di tingkat DPD I/Provinsi akan melakukan hal yang sama dengan DPP, dan penyelesaiannya paling lambat 1 tahun paska kongres digelar.

“Untuk konteks lokal (Provinsi Jambi), pemecahan di tingkat DPP selesai, otomatis di daerah juga selesai. Kisruh KNPI ini, berawal dari ketidak harmonisan di tingkat pusat, dan tentunya juga berimbas di daerah. Sesuai AD/ART KNPI, maka 6 bulan paska kongres, di DPD Tingkat I segera diselenggarakan musprov. Ya, sekitar bulan April 2012 yang akan datang,” demikian paparnya. Semoga sukses.

Afrizal/B21

Iklan

One thought on “Rapimnas KNPI di Hotel Sari Pan Pacific Menegaskan Komitmen Arah Perjuangan KNPI Kedepan

Komentar ditutup.