SMP Muhammadiyah Benteng Hadapi Persaingan Di Tengah Selimut Keterbatasan


Tak terasa, empat bulan sudah SMP Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan harus melewati proses belajar mengajar di tengah beragam selimut keterbatasan. Salah satunya, keterbatasan ruang kelas belajar yang jumlahnya hanya 6 unit.

Sementara itu, calon siswa di luar lingkungan sekolah, cukup banyak yang menaruh simpati dan melirikkan matanya ke sekolah tersebut. Kendati demikian, hampir pada setiap tahun pelajaran, SMP Muhammadiyah Benteng selalu optimis untuk menampung pendaftar siswa baru”.

Bahkan, pada tahun pelajaran 2008 tiga tahun lalu, pendaftar siswa baru di SMP Muhammadiyah sempat mencapai puncaknya dengan jumlah pendaftar angka tertinggi yang berkisar 200 orang.

Menyikapi kondisi tersebut, pihak sekolah mencoba menyiasati keterbatasan jumlah ruang kelas belajar, melalui penempatan 30 orang siswa pada masing-masing ruang kelas yang ada saat ini.

Terlebih lagi, sejak didirikan pada tanggal, 1 Agustus 1951 silam, SMP Muhammadiyah Benteng, baru dua kali mendapat jatah rehabilitasi bangunan, itupun hanya rehabilitasi ringan pada bagian atapnya saja.

Dalam kaitan itu, pihak sekolah sangat mengharapkan perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk dapat menganggarkan biaya rehabilitasi berat dan penambahan gedung RKB SMP Muhammadiyah yang kini kondisinya kian memprihatinkan.

Pasalnya, anggaran dana BOS dan DAK yang selama ini dikucurkan oleh Kementrian Pendidikan, hanya dialokasikan  guna menutupi anggaran rehabilitasi ringan, dan  sebaliknya tidak diperuntukkan, untuk pembangunan gedung bertingkat.

Pada sisi lain, pihak sekolah juga  harus bekerja keras untuk menyiasati kendala keterbatasan mobiler, seperti : bangku dan meja siswa, jelas Kepala SMP Muhammadiyah Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, Drs. Rukhnuddin, MM dalam perbincangan singkatnya dengan wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.(*)

Laporan : fadly sang journalis Kontributor Berita21.com

fadlysangjournalis@yahoo.co.id

Iklan