Pemkab Kepulauan Selayar Targetkan Pembangunan Perumahan Murah


Peringatan Hari Perumahan Nasional Tahun 2011  hendaknya dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan hunian yang layak dan bukan hanya sebatas peringatan seremonial semata, mengingat lingkungan strategis pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman yang semakin berat dan membutuhkan terobosan mumpuni, terutama untuk mewujudkan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Setiap orang berhak hidup sejahtera, lahir,  batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik, sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan prima, sebagaimana amanat UUD 1945 Pasal 8  Ayat 1, Poin H. Pernyataan ini diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH mengawali sambutannya sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2011 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, hari Senin, (10/10) 2011, bertempat di halaman Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar.

Peringatan Hapernas tahun 2011 kali ini mengangkat tema “Dengan Sinergi Pusat, Daerah dan Mitra, Kita Wujudkan Rumah Murah Untuk Rakyat”. Dikatakannya, perumahan layak huni merupakan program nasional perlu mendapatkan perhatian serius semua pihak, sebagaiman tertuang dalam lembaran Permeneg Perumahan Rakyat Nomor : 22/Permen.M/2008. SPM Bidang Perumahan Rakyat, mencakup layanan rumah layak huni yang terjangkau sampai 70 % dari tahun 2009 sampai tahun 2025 mendatang.

Untuk tahun 2011,  Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan terus berupaya meningkatkan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui pos bantuan Stimulan Pembangunan Perumahan Swadaya (BSP2S) dan Peningkatan Kualitas Perumahan (PKP) di Kecamatan Bontosikuyu, Buki, dan Bontomate’ne.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar akan terus merangsang dan mendorong suksesnya kegiatan pembangunan rumah murah melalui penyaluran anggaran stimulan, fasilitasi pembangunan sarana prasarana dan utilitas (SPU) Perumahan dengan dukungan Dana Alokasi Umum, dan peran serta pihak swasta.

Hal ini sangat penting artinya, terutama untuk mampu menghasilkan pengembangan teknologi desain pembangunan rumah murah ramah lingkungan dan berkearifan lokal yang hemat biaya produksi, tandas Saiful dihadapan peserta upacara yang turut dihadiri Anggota Forum Muspida, Sekretaris Kabupaten Kepulauan Selayar, Para Asisten dalam lingkup Setda, Pimpinan SKPD/Badan/Kantor, berikut, segenap jajaran pegawai lingkup Pemkab Kepulauan Selayar.

(Sumber : Humas Pemkab Kepulauan Selayar/Fadly Sang Journalis Kontributor Berita21.com)

Iklan