Wakil Bupati Kepulauan Selayar Lepas 115 Calon Jamaah Haji


Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, H. Saiful Arif, SH melepas secara resmi seratus lima belas orang calon Jamaah Haji asal Bumi Tanadoang.

Dalam sambutannya, Saiful menekankan, bagi ummat Islam, menunaikan ibadah haji ke tanah suci, merupakan kewajiban mutlak yang harus dilakukan dalam rangka memenuhi  panggilan Allah SWT, sebagai aplikasi pelaksanaan rukun Islam ke lima yang secara khusus dipersyaratkan bagi orang yang mampu, baik dari segi kemampuan ekonomi, fisik, keamanan, ilmu, maupun dari sisi kesehatan.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Selayar di era pemerintahan pertama Drs. H. Syahrir Wahab, MM ini juga berpesan, agar para calon Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar senantiasa memantapkan dan meluruskan niat ibadahnya masing-masing semata-mata untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Hal tersebut sangat penting artinya, untuk bisa memperoleh dan membawa pulang oleh-oleh predikat Haji Mabrur. Selain itu, Saiful juga mengingatkan, kiranya para calon Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar dapat tetap menjaga stabilitas kesehatan menjelang pemberangkatan ke tanah suci.

Selama berada di tanah suci para calon Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar, hendaknya dapat menjaga, dan menjunjung tinggi harkat, martabat bangsa, dan negara kesatuan Republik Indonesia, serta mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Selayar, pintanya.

Sementara itu Drs. H. Muhammad Yahya dalam laporannya menjelaskan, untuk tahun 2011 ini, total jumlah Jamaah Calon Haji Kabupaten Kepulauan Selayar mencapai 115 orang terdiri dari 74 orang jamaah laki-laki dan 41 jamaah perempuan .

Setelah dilepas secara resmi, ke seratus lima belas orang calon Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Selayar selanjutnya akan ditampung di Asrama Haji Makassar, pada (11/10) dan kemudian  bergabung   dengan Calon Jamaah Haji Kloter 14 asal Embarkasi Makassar.

Para Calon Jamaah Haji akan diterima secara langsung oleh PPIH Provinsi Sulawesi Selatan di Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal (12/10) untuk selanjutnya diterbangkan menuju Mekah Al-Mukarramah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Air (GIA) Boeing 1107 pada tanggal (13/10).

Pada bagian lain laporannya Muhammad Yahya juga menyampaikan, bahwa sampai saat ini, Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Kepulauan Selayar yang menempati daftar tunggu tertanggal 8 Oktober 2011, jumlahnya telah mencapai 974 orang.

Sementara itu,  kuota haji Kabupaten Kepulauan Selayar setiap tahun hanya berjumlah 114 orang. Sehingga dengan demikian, calon jamaah haji yang terdaftar tahun ini di pastikan baru akan bisa diberangkatkan ke tanah suci delapan sembilan tahun kedepan.

Beruntung, pada tahun ini, pemerintah memberikan  kebijakan baru kepada masing-masing daerah untuk dapat memberangkatkan jatah tambahan Calon Jamaah Haji dengan mengutamakan Calon Jamaah Haji  berusia lanjut, terutama bagi yang usianya telah mencapai enam puluh tahun ke atas, sesuai ketentuan petunjuk  dari pemerintah yang pusat tidak lagi memprioritaskan nomor urut porsi, tandasnya mengakhiri laporan.(*)

Fadly/B21