Cara Atasi Nyeri Saat Menstruasi


Jangan takut, apabila anda mengalami mens, atau menstruasi (haid). Karena seorang Perempuan, yang pertama mengalaminya seringkali stres namun hal itu bisa diatasi bila anda mengetahuinya informasi dengan benar, bahwa siklus yang anda alami setiap bulannya itu, adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, karena terjadi perubahan fisik dan hormon di dalam tubuh anda, dari masa kanak-kanak, kini telah menjadi gadis dewasa.

Perubahan itu, pada hormon wanita tumbuh jerawat, mentsruasi.

Mens, yang anda alami ini. Karena pada periode itu terjadi suatu peningkatan kebutuhan gizi akibat pertumbuhan jaringan-jaringan baru dan perkembangan tertentu.

Remaja, dimulai dengan Pubertas, yaitu tanda-tanda awal dari perkembangan karakteristik seksual sekunder dan fisiologinya pada masa dewasa. Pubertas, biasanya muncul usia 10-14 tahun, yang terjadi pada seorang gadis yang ditandai dengan permulaan menstruasi, menarche, uterus dan vagina membesar.

Mengapa terjadi nyeri saat mens. Nyeri saat menstruasi terjadi adanya ketidakseimbangan hormone dalam tubuh. Penyebab lainnya, terjadi ketegangan otot di area reproduksi, dan mengakibatkan susunan syaraf terganggu. Solusinya, anda harus minum air hangat dan kompres di sekitar perut anda, bila anda pertama kali mengalaminya.

Apabila, siklus menstruasi anda tidak teratur, jangan panik karena umumnya, hal itu bisa disebabkan oleh gangguan hormonal dan stres. Siklus menstruasi, 21-35 hari. Apabila sulit untuk mengatasinya, segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk menjaga pola tubuh lebih sehat, saat haid disarankan anda tetap menjaga pola makan, hindari alkohol dan rokok. Jangan malas berolahraga walaupun sedang menstruasi, lakukan olahraga ringan agar badan dan otot tetap bugar.

Untuk diketahui, berbagai problem sering anda alami selama menstruasi (pre menstrual syndrome), diantaranya meliputi; Dysmennorhea, kram yang menyakitkan di daerah perut, nyeri punggung bawah dan kepala disebabkan kontraksi rahim yang terjadi karena prostaglandins (zat yang diproduksi dalam konsentrasi tinggi menjelang menstruasi).

Mennorhagia, aliran menstruasi yang sangat berat dan berkepanjangan. Amenorhea, periode tidak mengalami menstruasi untuk beberapa waktu lamanya, disebabkan oleh penyakit, latihan atletik, perubahan pola diet, pengobatan stres atau kehilangan berat badan. Metrorhagia, pendarahan diluar periode menstruasi.

(materi edukasi reproduksi dan kesehatan wanita ini, disampaikan oleh Softex Indonesia (Enhancing The Quality of Life) Perwakilan Jambi dalam rangka kegiatan ‘School Roadshow’ 2011)

Afrizal/B21

Iklan