Tips Menjaga Miss ‘V’ Tetap Sehat


Kebersihan Miss ‘V’ sangat penting, Miss ‘V’ is Important. Mengapa demikian, karena tujuannya agar Miss ’V’ anda tetap higienis dan sehat.

Cara membersihkan Miss ’V’, banyak cara yang bisa anda lakukan. Diantaranya, dengan air yang bersih, memakai celana dalam yang bersih, dan yang paling penting adalah menggunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat.

Pakailah pembalut (pantyliner) yang bermutu baik dan selalu menggantinya setiap 3 jam sekali. Saat anda membasuh pun, jangan sembarangan. Ingat, cara membasuhnya pun dari arah depan, lalu ke belakang.

Umumnya, gangguan yang acapkali terjadi apabila tidak menjaga kebersihan Miss ‘V’ anda, fatal akibatnya, seperti keputihan (flouralbus), penyakit jamur, dan resiko penyakit menular lainnya, yaitu gonorhue, HIV (Human Immunodeficiency Virus), herpes, kanker serviks.

Mengatasi keputihan, lakukan pola hidup sehat. Karena, bila pola hidup anda tidak bersih dan stres, dapat mengakibatkan keputihan. Selain itu, keputihan juga diakibatkan oleh pemakaian bedak yang terlalu berlebihan, hindari pemakaian bedak secara berlebihan, usahakan selalu Miss ‘V’ anda dalam keadaan kering sebelum berpakaian.

Gunakan pakaian dalam yang kering dan menyerap keringat, seperti bahan katun. Celana panjang, jangan terlalu ketat karena apabila anda gunakan sirkulasi udara tidak lancar. Ketika mens, sering berganti balut, Jika dianggap sangat mengganggu segera konsultasikan ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Mengapa terjadi kanker Serviks?

Serviks, merupakan bagian terendah dari rahim yang menonjol ke puncak liang senggama (vagina). Sementara, Kanker Serviks, adalah kanker yang terjadi pada mulu/leher rahim (serviks).

Dari berbagai sumber, menyebutkan sumber penularan utama Kanker Serviks ini, melalui hubungan seksual (75 persen), yang ditularkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Sumber penularan lainnya, bisa melalui jalur non seksual, seperti dari ibu kepada bayinya saat persalinan, apabila si ibu tertular HPV.

Selain itu, faktor lingkungan, umumnya penggunaan pakaian dalam yang tidak sehat, air yang terkontaminasi HPV, alat-alat kesehatan yang tidak steril, dan lainnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari Kanker Serviks ada berbagai cara yang harus dilakukan anda, membiasakan pola hidup sehat, setia pada pasangan anda, dan konsultasi kesehatan reproduksi anda segera ke dokter agar anda dapat terhindar dari penyakit kanker serviks ini.

(Materi edukasi reproduksi dan kesehatan wanita ini, disampaikan oleh Softex Indonesia (Enhancing The Quality of Life) Perwakilan Jambi dalam rangka kegiatan ‘School Roadshow 2011’ di SMK Negeri 4 Kota Jambi)

Afrizal/B21