Selebriti yang ‘Bebas’ Kanker Payudara


Kanker payudara dapat menyerang siapa saja tak terkecuali para selebriti. Bahaya akan kanker payudara yang terlambat dideteksi sejak lama didengungkan banyak pihak, termasuk para selebriti yang berhasil selamat dari kanker yang menjadi pembunuh kedua perempuan itu.

Ingin tahu beberapa selebriti yang pernah selamat dari kanker payudara?

Christina Applegate

Aktris layar kaca ini sudah malang melintang di dunia sitkom sejak lama. Namun, kiprah aktingnya harus tertunda sementara untuk mengobati masalah kanker payudaranya.

Ia harus menjalani dua kali mastektomi setelah didiagnosa kanker payudara pada tahun 2008. Ibunya juga orang yang berhasil selamat dari kanker payudara. Applegate kini sudah berhasil sembuh, dan baru saja melahirkan anak pertamanya.

Sheryl Crow

Tiga minggu putus dari tunangannya, Crow mendapat kabar ia menghadapi kanker payudara. Penyanyi sekaligus pengarang lalu ini harus melewati operasi dan radiasi pada 2006 untuk mengatasi kankernya. Sejak itu ia sudah bebas dari penyakit ini.

Cynthia Nixon

Salah satu aktris yang berperan dalam serial drama komedi Sex and the City ini memerangi kanker payudaranya secara pribadi. Ia merasa, saat menghadapi kanker payudara itu ia memikul stigma dari penyakit itu. Ia memilih untuk tidak menyebarluaskan penyakit yang ia derita itu. Setelah dua tahun sembuh, ia baru mau membicarakan pengalamannya.

Olivia Newton-John

Penyanyi asal Australia ini memerangi kanker payudara di tahun 1992, dan ia terpaksa menunda kariernya yang sedang direncanakan untuk dilejitkan kembali.

Setelah sembuh, ia kemudian membuka Yayasan Olivia Newton-John Cancer and Wellness Centre di Melbourne pada tahun 2008. Ia kini giat mengabarkan kepedulian tentang kanker payudara tersebut.

Kylie Minogue

Kakak Danii Minogue ini cukup terbuka mengenai penyakit yang ia derita. Di tahun 2005, ia membicarakan secara terbuka mengenai penyakit yang sedang ia perangi itu.

Hasil dari keterbukaan Minogue itu membuahkan banyak perempuan yang mengidolakannya memeriksakan kesehatan payudaranya.

Brigitte Bardot

Aktris Prancis yang sempat terkenal di era awal televisi ini melewati hidup yang tidak mudah. Naik-turun dalam kehidupan membuatnya menjadi pribadi yang kuat. Kuat itu pula yang membuatnya berhasil melewati badai kesehatan ketika pada tahun 1984 ia didiagnosis dengan penyakit kanker payudara.

Awalnya, ia menolak pengobatan untuk penyakit tersebut, namun akhirnya bersedia menjalani pengobatan untuk melawan penyakit tersebut.

Shirley Temple

Perempuan kecil cerdas dan ceria dengan rambut keriting yang sering tampil di layar kaca itu bernama Shirley Temple. Sejak kecil Temple terbiasa mendapat sorotan perhatian. Namun, ketika usia 46, ia menjadi perhatian akibat hal yang lain, ia menghadapi kanker payudara.

Pada 1972, Temple mengakui kepada dunia, ia menghadapi kanker payudara dan harus menjalani mastektomi sebelah. Tindakan Temple ini cukup dinilai berani, karena pada zaman itu, hanya sedikit perempuan yang berani mengungkap keadaan semacam ini.

Iklan