Peringatan Hari Dharma Karyadhika Ke-66 di Jambi Berlangsung Meriah


Puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika ke-66 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Provinsi Jambi, Senin (31/10/2011) di Lapangan Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi berlangsung sederhana dan meriah. Bahkan untuk menyambut peringatan kali ini, pihak Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi melaksanakan serangkaian kegiatan lomba dan bakti sosial yang digelar sebulan penuh, yakni sejak 7-30 Oktober 2011 lalu, yang dimulai dengan kegiatan senam massal.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, Rinto Hakim, sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Amir Syamsudin dalam puncak peringatan kali ini terkait peningkatan kinerja seluruh jajaran pengayoman dilingkungan Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, terutama terkait sektor pelayanan publik, yang kini menjadi sorotan ditengah masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah ‘Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’ ini sehingga diprioritaskan dimasa kepemimpinan Amir Syamsudin menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM RI, menggantikan Patrialis Akbar.

Dipaparkan oleh Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, Rinto Hakim, melalui Humas dan Laporan, Ishar kepada berita21.com, kegiatan bulan bakti dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika ke-66 ini, Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi menggelar kegiatan lomba dilingkungan institusi pengayoman pimpinan Amir Syamsudin ini, yakni diantaranya kegiatan lomba olahraga, seperti; futsal, tenis meja, bulu tangkis, tenis lapangan, lomba karaoke dan pertandingan domino.

Selanjutnya kegiatan lomba yang tidak kalah menariknya, ungkap Ishar, pihaknya juga menyelenggarakan lomba yang bertemakan hukum dan HAM, yakni lomba pidato tentang HAM, lomba lukis, dan lomba cerdas cermat tentang keluarga sadar hukum tingkat Provinsi Jambi.

“Untuk lomba kadarkum (keluarga sadar hukum, red) tingkat Provinsi Jambi, juara satu diraih oleh Kabupaten Kerinci. Juara dua, yakni kabupaten Sarolangun, dan juara ketiga diraih oleh Kabupaten Batang hari. Untuk Juara sportif dan terfavorit dimenangkan oleh Kabupaten Sarolangun,“ sebutnya.

Kategori lomba pidato HAM, papar Ishar, diikuti oleh hampir siswa-siswi tingkat SMA se-Provinsi Jambi. Sementara untuk lomba lukis dalam kegiatan kali ini, pihaknya melombakan dengan mengikutsertakan seluruh siswa-siswi sekolah dasar tingkat Provinsi Jambi.

Kegiatan bakti sosial, dalam rangka kegiatan bulan bakti Kemenkum dan HAM di Provinsi Jambi ini, tambah Ishar, pihaknya melakukan serangkaian kunjungan sosial ke sejumlah panti asuhan dan panti jompo yang ada di wilayah Jambi, serta kegiatan donor darah. Kegiatan ini, ditutup dengan kegiatan gerak jalan santai keluarga besar dilingkungan pegawai Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, demikian imbuhnya.

Afrizal/B21

Iklan