Menteri PU Resmikan Tol Semarang-Ungaran


Semarang Berita21: Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto Sabtu (12/11) meresmikan beroperasinya Jalan Tol Semarang – Solo seksi 1 (Semarang-Ungaran).

Peresmian ditandai dengan pembayaran secara simbolis sebesar Rp. 5.500 sesuai tarif yang ditentukan pemerintah, di Gerbang Tol Tembalang. Pada kesempatan tersebut Menteri PU didampingi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Kepada wartawan Djoko Kirmanto menjelaskan, Jalan Tol Semarang-Ungaran merupakan bagian dari proyek besar pembangunan jalan tol Trans Jawa. Dan saat ini baru sampai Ungaran dengan pintu keluar masih kecil. “Sementara tol ini hanya untuk mobil kecil karena pintu keluarnya belum memungkinkan untuk mobil besar,” ungkapnya.

Jalan tol sepanjang 14,1 km tersebut sebenarnya sudah selesai pembangunannya sejak sebelum lebaran yang lalu. Namun berbagai persoalan muncul sehingga menunda penggunaan jalan bebas hambatan tersebut untuk lalu lintas umum.

Berbagai persoalan yang muncul antara lain retaknya badan jalan tersebut pada km 5+500 – 5+700 serta belum terbayarnya sub kontraktor jalan tersebut menyusul dipailitkannya PT Istaka Karya pada Desember 2010 yang lalu.

Lebih lanjut Djoko Kirmanto mengungkapkan, tarif tol Semarang-Ungaran sebesar Rp. 5.500 sudah diperhitungkan secara cermat sehingga tidak memberatkan masyarakat yang menggunakan jalan tol ini. Saat ini masyarakat masih dibebaskan alias gratis tidak membayar sampai hari Selasa (15/11). “Selama 3 hari ini masyarakat diberi kesempatan secara gratis untuk melintas di jalan tol Semarang-Ungaran. Tapi selebihnya harus bayar lho!,” ungkap Djoko Kirmanto sambil tersenyum.

Kholis/B21