Bedah Rumah Samisake ‘Jambi EMAS’ 2011


Pelaksanaan ‘Bedah Rumah’ Samisake (Satu Milyar Satu Kecamatan) tahun anggaran 2011 Provinsi Jambi, melalui mekanisme swakelola. Berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan Bedah Rumah Samisake 2011, yang disusun Kepala Bidang Perumahan pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi Jambi tahun ini, Farti Suandri menyebutkan visi pembangunan Provinsi Jambi, dibawah kepemimpinan Gubernur Jambi sekarang ini, Hasan Basri Agus (HBA), dan Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar adalah Jambi EMAS, yakni Jambi Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera pada tahun 2015 yang akan datang. Disini, Samisake (Satu Milyar Satu Kecamatan), merupakan salah satu Program langkah percepatan menuju visi Jambi EMAS tersebut.

Untu diketahui, sumber daya alam Provinsi Jambi, yang berlimpah dan posisi geografis yang strategis merupakan salah satu modal utama pembangunan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat di ‘Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’ ini. Akan tetapi, hingga saat ini potensi sumber daya alam (SDA) yang besar itu, belum berhasil secara nyata meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

Untuk mengurangi pertumbuhan kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di wilayah pedesaan maupun perkotaan, maka Pemerintah Provinsi Jambi meluncurkan Program, yang dirancang untuk pemerataan pembangunan, peningkatan kualitas hidup MBR di seluruh ‘Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’ Provinsi Jambi. Dengan membangun Kecamatan berbasis Desa dan Kelurahan, maka pemerataan pembangunan akan lebih dirasakan. Dari sinilah, lahir sebuah istilah ‘SAMISAKE’ (Satu Milyar Satu Kecamatan).

Dengan demikian, Samisake, merupakan Program pembangunan yang bersifat bottom up, artinya wujud Program ini, adalah aspirasi yang berasal dari bawah (masyarakat). Dimana, setiap Kecamatan diberi kebebasan untuk mengajukan aspirasi kebutuhan bagi masyarakat di wlayahnya.

Beberapa isu strategis, yang sekaligus menjadi permasalahan utama Provinsi Jambi, yang mendasari perumusan visi Jambi EMAS dengan Samisake, sebagai salah satu Program di dalamnya, adalah; (1) terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur, (2) belum optimalnya pemanfaatan sumber daya alam (SDA) bidang pertanian, (3) masih terdapatnya rumah masyarakat yang tidak memenuhi standar kesehatan, (4) masih banyaknya SDM berpotensi di Provinsi Jambi yang belum memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan (5) belum meratanya Jamkesda di kalangan MBR di Provinsi Jambi (6) belum optimalnya perkembangan ekonomi UMKM.

Oleh karena itu, aspirasi masyarakat dengan Program dan kegiatan Samisake untuk tahap awal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kecamatan, yaitu; (1) bedah rumah, (2) sertifikat rumah, (3) penguatan permodalan UMKM, (4) Jamkesmasda, (5) bantuan penyuluhan pertanian, (6) beasiswa.

Provinsi Jambi, dengan 11 kabupaten/kota, terdiri dari 131 kecamatan, dengan 9 kelurahan akan melaksanakan Program tersebut secara bertahap, salah satunya adalah bedah rumah.

Tahun 2011 ini, akan dialokasikan dana yang bersumber dari APBD Provinsi Jambi, untuk kegiatan Program Samisake, diantaranya Bedah Rumah, yang akan dilaksanakan di 11 kabupaten/kota, 50 kecamatan se-Provinsi Jambi, untuk 3.176 unit rumah yang dibedah. Dengan rata-rata Rp.7.500.000, atau sebesar Rp.23.820.000.000.

Kaidah pelaksanaan Program ini, sebagian besar akan mengacu pada pedoman dan ketentuan-ketentuan teknis yang telah ditetapkan, dan dengan lebih menekankan partisipasi aktif dari masyarakat secara langsung. Penanggulangan kemiskinan di kabupaten/kota, sebagai upaya mewujudkan 10 Program Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA). Hal ini juga, akan meningkatkan rasa kepemilikan masyarakat, serta mendorong penyelarasan dengan program/kegiatan lainnya.

Dalam pedoman pelaksanaan dan pedoman teknis yang disusun oleh Kepala Bidang Perumahan pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi Jambi, Farti Suandri, dijelaskan Program Bedah Rumah, dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas tempat tinggal.

Disamping itu, tujuan program ini, yakni membantu masyarakat miskin mewujudkan ‘Rumah Sehat Sejahtera’ di Provinsi Jambi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sasaran program Bedah Rumah Samisake tersebut, yaitu terbantunya masyarakat miskin untuk mewujudkan ‘Rumah Sehat Sejahtera’ yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, berkualitas, berkelanjutan, serta berwawasan lingkungan. Meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah daerah sebagai fasilitator pembangunan di pedesaan, serta terlaksananya penyelenggaraan kegiatan bedah rumah yang partisipatif, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan.

Dinas PU Provinsi Jambi Bidang Perumahan/Afrizal/B21

 

Iklan