Ayam Goreng Mentega Tjap Djempol di Telanai Jambi, Waduh eunakk ee!!!


Apabila Anda, penyuka kuliner ayam goreng, nggak ada salahnya singgah ke Warung Makan ‘Spesial Olahan Ayam Tulang Lunak’ Tjap Djempol di Sungai Kambang, Telanaipura, Kota Jambi.

Disana, banyak ayam goreng yang bisa disajikan, salah satunya yang paling enak adalah, Ayam Goreng Mentega. Rasanya itu, loh!! Waduh eunakk ee, Tjap Djempol tenan’ eee. Memang jempol niann, lah!!

Ciri khasnya kelezatannya itu loh, bumbu kuningnya. Bumbu kuning rahasia resep Tjap Djempol, saos tiram, kecap manis ditambah dengan irisan bawang putih, cabe rawit, cabe ijo, plus irisan daun bawang. Lalu semua bumbu tadi, dicampur dan ditumis dengan mentega hingga matang, paling lama setengah menit sampai wangi. Penyajiannya pun terbilang sangat menggugah selera, dan membuat lidah Anda jadi mao mencicipinya.

Menurut Mbak Dini, saat menerima topkuliner.com di warungnya yang memang sangat khas Jawa bangettt, dengan beragam ornamen meja dan kursi khas Semarang atau Yogja sana. Mbak Dini menyebutkan, dada ayam atau paha ayamnya digoreng terlebih dahulu, kira-kira paling lama 1 menit.

Lalu, dada ayam atau paha ayam tadi, yang sudah digoreng siap disajikan. Kemudian disiram dengan bumbu yang sudah ditumis tadi, untuk segera disantap dengan semangkok kecil sambal terasi, dan dengan sedikit kudapan lalapan khas Jawa, seperti daun kemangi, daun selada dengan irisan timun.

Lebih nikmatnya lagi, bumbunya itu lebih terasa kala nyantap ayam menteganya. Penasaran khan!! Enak bangettttt.

Afrizal/topkuliner