Jambi ‘Tuan Rumah’ Kejurnas Pencak Silat antar PPLP se-Indonesia Tahun 2011


29 PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) di seluruh Indonesia bertarung di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) cabang olahraga Pencak Silat Tahun 2011 di GOR (Gelanggang Olahraga) Kota Baru, Kota Jambi selama 5 hari ini, sejak 26-30 November 2011, untuk memperebutkan 17 medali emas dari 17 kelas yang dipertandingkan.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Husairi -yang akrab disapa Heri kepada berita21.com, pembukaan Kejurnas Pencak Silat antar PPLP 2011 ini, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar ini, dihadiri oleh seluruh kontingen daerah dari masing-masing PPLP di seluruh Indonesia minus Provinsi Papua, dengan total 257 atlet pencak silat, masing-masing 151 atlet putra dan 110 atlet putri.

Jumlah pelatih dan official yang mengikuti Kejurnas Pencak Silat antar PPLP se-Indonesia tahun 2011 kali ini, melibatkan 58 orang pelatih dan 41 orang official. Masing-masing, 53 pelatih putra dan 6 orang pelatih putri. Sedangkan 40 orang official yang diikut sertakan dalam kejurnas ini, yakni 38 putra dan 3 putri.

Total keseluruhan baik jumlah atlet, pelatih dan official dari masing-masing seluruh kontingen daerah, yang mengikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar PPLP se-Indonesia di GOR Kota Baru ‘Tanah Pilih Pesako Betuah’ Kota Jambi tahun 2011 ini, yakni mencapai 361 orang.

Diikuti 29 Kontingen Minus Papua

Adapun ke-29 kontingen PPLP daerah yang mengikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar PPLP tersebut, masing-masing yaitu Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung (Babel), Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, Sulawesi Barat, SMA Ragunan (SMA Negeri Ragunan di wilayah Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta), Kepulauan Riau, Kutai (maksudnya Kutai Kertanegara, salah satu kabupaten di wilayah Kabupaten Kalimantan Timur) dan Tanggerang (maksudnya Kota Tanggerang, salah satu kota di wilayah Provinsi Banten).

Afrizal/B21