Karang Taruna Jangan Terkooptasi Kepentingan Politik


Kendal – Berita21: Sebagai organisasi pemuda yang berlatar belakang sosial, Karang Taruna diharapkan tidak terkooptasi kepentingan politik praktis. Karena dengan tetap pada ranah sosial, tujuan didirikannya Karang Taruna dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat tercapai.

Harapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo dalam sambutan pelantikan forum pengurus Karang Taruna Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Kendal, Senin (28/11). “Sekalipun ketua dan beberapa pengurus Karang Taruna Jawa Tengah adalah anggota DPRD, namun saya harapkan organisasi ini jangan dibawa ke ranah politik. Ini dimaksudkan agar tujuan didirikannya Karang Taruna bisa tercapai,” ungkap Hadi Prabowo.

Sementara itu ketua Karang Taruna Jawa Tengah Slamet Efendi pada kesempatan yang sama mengungkapkan, setelah pelantikan ini karang Taruna Jawa Tengah segera merapatkan barisan untuk melaksanakan program kerjanya. Beberapa program kerja besar siap dilaksanakan dengan membentuk 3 lembaga yang berada dibawah struktur pengurus Karang Taruna Jawa tengah.

“Kami sudah membentuk 3 lembaga baru. Ketiga  lembaga tersebut adalah LKBH Taruna, Koperasi Taruna dan SSB Taruna,” ungkap anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah ini.

Pada kesempatan terpisah, Ketua umum Karang Taruna Taufan EN Rotorasiko yang juga hadir dalam pelantikan tersebut menyambut positif program program yang dicanangkan pengurus Karang Taruna yang baru saja dilantik. Bahkan Taufan langsung minta kepada ketua SSB Taruna Nurkholis, untuk dimasukkan sebagai pembina SSB tersebut.

“Ini baru pertama kali di Indonesia Karang Taruna memiliki SSB. Kalau memungkinkan akan kita gelar turnamen sepak bola desa dan memperebutkan tropy Karang Taruna,” ungkap Taufan.

Pelantikan Karang Taruna Jawa Tengah Senin kemarin berlangsung meriah. Pendopo Kabupaten Kendal tampak penuh dengan pemuda desa yang menjadi anggota Karang Taruna kabupaten Kendal. Nampak hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Jawa Tengah Murdoko, Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah Novita Wijayanti, Bupati Kendal Widya Kandi serta pengurus Karang Taruna Kabupaten/kota se Jawa Tengah.

kholis/B21
Iklan