Kini Hadir ‘Center Piping’ di BPPT Jambi


Impian untuk menjadi seorang pekerja profesional di sektor minyak dan gas bumi (migas), terutama sekali pekerjaan untuk kualifikasi khusus di bidang pabrikasi dan instalasi pemipaan (piping) di lapangan usaha migas di wilayah Provinsi Jambi, sangat besar kesempatan dan peluang bagi masa depan anda untuk meraup dollar sebanyak-banyaknya.

Berkenaan dengan hal itu, untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pangsa kerja di sektor migas ke depannya ini, PT Jambi Emas Engineering mendirikan Center Piping yang pertama di Provinsi Jambi, sekaligus perusahaan tersebut telah melakukan pelatihan keterampilan kerja untuk angkatan pertama pada akhir tahun ini, di Balai Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (BPTT) pada Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Pemerintah Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi.

Dikatakan Direktur Utama PT Jambi Emas Engineering, Darmawan Putra kepada berita21.com, Selasa (06/12/2011) di BPTT Kantor Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, Darmawan mengungkapkan jumlah peserta pelatihan angkatan pertama ini, pihaknya hanya memberikan kesempatan kepada 32 orang putra daerah Jambi yang terbaik di bidangnya, dengan jenis keahlian khusus di bidang piping (pemipaan) dan welder, yaitu masing-masing 20 orang di bidang piping dan 12 orang di bidang welder.

“Peserta kita usahakan untuk disalurkan ke perusahaan migas dan ditanggung selama pelatihan ini. Makannya dan tempat tinggalnya, baju, sepatu, helm. Semuanya kita yang tanggung secara swakelola,” papar Darmawan, yang juga salah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Jambi ini menjelaskan.

Ditambahkannya, pelatihan keterampilan kerja yang dilaksanakan kali ini, diakui Darmawan, merupakan bentuk kepedulian untuk membangun dan memajukan putra-putri Jambi, terutama peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang pabrikasi dan instalasi pemipaan (piping) di lapangan usaha migas di wilayah Provinsi Jambi ini, tuturnya.

“Jujur saya ungkapkan, saya mendirikan Center Piping di Jambi ini, untuk membangun dan memajukan anak-anak Jambi dalam menjawab tantangan dan kebutuhan pangsa kerja ke depannya. Disamping itu, kita juga berupaya mengentaskan pangangguran melalui pemberian kesempatan pelatihan keterampilan kerja di bidang migas ini dalam mewujdukan Jambi Emas 2015,” demikian sebutnya.

Center Piping yang pertama kali berdiri di Provinsi Jambi ini, merupakan wujud kepedulian PT Jambi Emas Engineering dalam menjawab tantangan dan kebutuhan pangsa kerja dewasa ini, terutama penguasaan keahlian khusus di bidang pabrikasi dan instalasi pemipaan di sektor minyak dan gas bumi.

Pelatihan keterampilan kerja yang dilaksanakan oleh PT Jambi Emas Engineering ini, berlangsung selama sebulan penuh di BPTT Kantor Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, yang diampu oleh Rangga alias Raja, salah seorang pengampu yang sudah malang melintang bergelut di sejumlah perusahaan peminyakan dan gas bumi di berbagai negara di dunia. Disamping materi keterampilan kerja di bidang pabrikasi dan instalasi pemipaan migas, para peserta juga diberikan materi penguasaan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik untuk mencapai kualifikasi standar internasional dalam menyerap pasar kerja di sektor usaha migas dunia.

“Untuk tahun ini, kita melatih calon tenaga kerja 32 orang. Tahun 2012, kita ditargetkan oleh pemda Provinsi Jambi untuk melatih sebanyak 2.500 orang, hingga sampai tahun 2015. Sehingga Insya Alloh, pada tahun 2015 yang akan datang, sebanyak 10.000 orang sudah kita latih, dan diharapkan mereka sudah dapat tersalur di seluruh perusahaan-perusahaan migas terbesar yang beroperasi di wilayah Jambi maupun perusahaan migas di luar negeri, seperti Vietnam, Philipina, Thailand, dan Dubai,“ papar Darmawan menambahkan.

Afrizal/B21

Iklan

One thought on “Kini Hadir ‘Center Piping’ di BPPT Jambi

Komentar ditutup.