Peserta Jamsostek Peroleh Manfaat Tambahan


Jambi – Berita21.com: Untuk meningkatkan perlindungan dan mengutamakan pelayanan kepada tenaga kerja beserta keluarga peserta program Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), pihak direksi PT Jamsostek (Persero) mengeluarkan kebijakan tentang pemberian manfaat tambahan bagi pesertanya, yaitu manfaat yang diberikan kepada perusahaan, tenaga kerja dan anggota keluarga peserta Program Jamsostek yang diikutinya.

Diungkapkan Kepala PT Jamsostek Cabang Jambi I, Iswandhy Syaruly kepada berita21.com diruang kerjanya, Rabu siang (01/02/2012) di Kota Jambi, menurutnya pemberian manfaat tambahan tersebut, berdasarkan Keputusan Direksi PT Jamsostek Nomor:Kep/310/102011 tentang Pemberian Manfaat Tambahan bagi Peserta Program Jamsostek.

Disamping itu, tambah Iswandhy, para peserta yang memperoleh manfaat tambahan ini, yaitu perusahaan dan tenaga kerja yang masih aktif, serta anggota keluarganya. “Pemberian manfaat tambahan ini, adalah mengutamakan pelayanan kepada peserta dalam rangka peningkatan perlindungan dan kesejahteraan bagi tenaga kerja beserta keluarganya, dan juga perusahaan,” papar Iswandhy menyebutkan.

Adapun jenis pemberian manfaat tambahan bagi tenaga kerja dan keluarga peserta program Jamsostek, berdasarkan Keputusan Direksi PT Jamsostek Nomor:Kep/310/102011 itu, yakni; pemberian pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi tenaga kerja dan perusahaan, pemberian pelatihan K3 kepada perusahaan jasa kontruksi, pemberian bantuan uang pemakaman untuk keluarga yang meninggal dunia dari tenaga kerja yang masih aktif.

Pemberian bantuan pemeriksaan kesehatan (medical check up) bagi tenaga kerja yang berusia diatas 40 tahun, serta pemberian bantuan bagi tenaga kerja dan keluarga yang membutuhkan tindakan hemodialisa (cuci darah), operasi jantung, pengobatan kanker dan pengobatan HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Untuk diketahui sampai saat ini, PT Jamsostek (Persero) memberikan perlindungan bagi pesertanya, yang mencakup 4 program perlindungan, yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

Afrizal/B21
Iklan