Masjid Ahmadiyah di Cianjur Dirusak Massa tak Dikenal


CIANJUR – Berita21.com: Masjid Nurhidayah milik jemaah Ahmadiyah di Jalan Raya Ciranjang Kampung Cisaat RT 01/08 Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dirusak ratusan warga tidak dikenal, Jumat (17/2).

Dugaan kuat, motif perusakan diakibatkan kekesalan warga terhadap jemaah Ahmadiyah yang diduga masih melakukan aktivitas di masjid tersebut, meski sudah ada kesepakatan sesuai surat keputusan bersama (SKB).

Berdasarkan informasi yang dihimpun team berita21.com, aksi berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Secara spontan, warga jumlahnya diperkirakan mencapai 200 orang itu terlebih dahulu merobohkan dinding benteng bagian belakang masjid.

Mereka menghancurkan hampir seluruh bagian masjid. Gentengnya hancur dilempari batu. Sisa-sisanya masih berserakan di halaman masjid. Kaca-kaca jendela dan pintu juga pecah. Sementara bagian dalam masjid berantakan setelah diobrak-abrik warga.

“Kejadiannya begitu cepat, ada yang melempar genteng dengan batu. Tak lama, terdengar suara dinding benteng belakang rubuh. Setelah itu suasana gaduh,” kata Hasan, (63) petugas penunggu masjid

Ratusan massa, kata Hasan, kebanyakan membawa tongkat bambu, linggis, dan alat tajam lainnya. “Massa saat melakukan pengerusakan datang dari belakang masjid dan hanya berlangsung sekitar 10 menit lalu selesai merusak mereka membubarkan diri,” ucapnya.

Pedi/Epul/B21
Iklan