Situs Gunung Padang Lebih Tua dari Piramida Mesir


Cianjur-Berita21.com .-Hasil penelitian Tim Katastropik Purba dengan radioisotop carbon C14 (carbon dating) pada sampel tanah dari 2 titik pengeboran di situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menunjukkan hasil yang mengejutkan, usianya sekitar 5.500 tahun Sebelum Masehi (SM) dan 10.000 tahun SM. Lebih tua dari piramida-piramida di Mesir dan situs Machu Picchu di Peru. Wah!

“Kalau dari carbon dating itu betul, iya (lebih tua dari Mesir dan Machu Picchu). Kan ada 2 umur, 1 dating dari karbon persis di bawah situs di atas di kedalaman sekitar 4 meteran, itu dating 4.700-an (tahun SM, red). Kemudian dating dari kedalaman 8 meter, itu yang keluarnya 10 ribuan itu. Kalau masalah tua-tuaan, ya dating yang pertama saja sudah lebih tua dari Giza, yang sekitar 2.800 SM, dan Machu Picchu sekitar 1.000-an (Masehi),” jelas Ketua Tim Peneliti Katastropik Purba, Dr Danny Hilman Natawidjaja.

Hal itu dikatakan Danny ketika dihubungi berita21.com, Senin (5/3/2012). Menurut Wikipedia, Piramid Giza di Mesir dibangun tahun 2.560 SM dan situs Machu Picchu di Peru dibangun sekitar tahun 1.440 M.

Namun Danny mengingatkan, hasil penelitian carbon dating belum final, masih berupa indikasi awal.

“Penelitian masih belum selesai. Nggak cuma 2 (titik) ada beberapa kedalaman, lebih dari 10 sampel. Kalau positif dalam ilmiah, cek dan ricek melihat hasil penelitian dulu. Belum akhir, penelitian terus berlangsung ada beberapa titik lagi,” jelas peneliti di Pusat Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini.

Pedi/Epul/B21.com