Mengembangkan Kesadaran Berekonomi Secara Islami


SURAKARTA – BERITA21.COM: Di era globalisasi ini, para pelajar sebagai generasi muda bangsa, dituntut untuk berkarya sebaik mungkin dalam meningkatkan kualitas.

STIE Swastamandiri yang merupakan sekolah tinggi akuntansi di Surakarta memiliki misi “Mengarahkan Partisipasi Mahasiswa dalam Organisasi di bidang Pemberdayaan Mahasiswa, Informasi dan Komunikasi, Kerohanian, Bakat dan Minat, Sosial Kemasyarakatan serta Pengabdian kepada Masyarakat”.

Menulis merupakan salah satu bagian dari misi STIE Swastamandiri dalam bidang Informasi dan Komunikasi.

Sosialisasi juga salah satu bentuk menyuarakan pendapat yang paling berperan penting dalam partisipasi seseorang sekaligus sebagai bukti konkrit dalam berpendapat.

Hal ini dapat dilihat dari syarat seorang sarjana adalah membuat skripsi, tesis, maupun penelitian yang berbentuk sosialisasi masyarakat.

Atas dasar itulah STIE Swastamandiri menyelenggarakan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat SMA guna menjawab fenomena tantangan tersebut.

STIE Swastamandiri yang mempunyai program unggulan pesantren Al Es’af mengambil tema dalam lomba karya tulis ini yaitu “mengembangkan kesadaran bermasyarakat untuk berekonomi secara islami.” Adapun topik yang dikupas dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah ini antara lain: peluang dan tantangan bank syariah, antara idealisme dan realita; meningkatkan kesadaran untuk menabung di bank syariah; mengembangkan bisnis secara islami; meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat; dan peran dunia pendidikan dalam mengembangkan ekonomi Islam.

Direktur STIE Swastamandiri, Ibrahim Fatwa Wijaya, SE, M.Sc., mengatakan bahwa “kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi para pelajar, meningkatkan kualitas serta talenta pelajar, sebagai media untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan analytical skill akademisi, dan melakukan kajian-kajian ekonomi Islam saat ini.”

Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah tigkat SMA ini dimenangkan oleh SMA N 3 Boyolali, Elviana Putri Hapsari dan Citra Ayu Permatasari, dengan judul “Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal melalui sosialisasi Ibu-Ibu PKK Gonowelang Boyolali”. SMA N I Teras meraih juara ke-II dengan judul “Sistem Ijon Hasil Pertanian (Studi Kasus Petani Dukuh Tegalrejo)” ditulis oleh Diyah Ambarwati, Febriska Herovi K dan Retno Rahayu, dan sekaligus menyandang juara ke-III dengan judul “Peranan Sekolah dalam Memberdayakan Ekonomi Siswa berbasis Syariah serta Mewujudkan Karakter Bangsa” yang ditulis oleh Risma Septiana W, Rizki Wulandari dan Rakai Dimas P.

Salah satu juri Lomba Karya Tulis Ilmiah, Prof. Dr. Bambang Setiaji, MS, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Komisaris Bank Syariah Bukopin dan Pakar Ekonomi Islam, menambahkan bahwa “antusias dan semangat berkarya para pelajar SMA dalam ajang kompetisi ini sangatlah luar biasa, hal ini diharapkan perekonomian islam akan terus maju dengan adanya generasi-generasi muda yang berbakat, dan kesadaran masyarakat untuk berekonomi secara islami akan terus berkembang.”

Oleh: Nieldya Nofandrilla, SE, MA/B21.com