Bupati Kab Cianjur Buka Sosialisasi Program e-KTP


Cianjur, Berita21.Com: Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, menimbulkan suatu revolusi baru yang berupa peralihan sistem kerja yang konvensional ke era digital.

Perubahan ini juga telah merubah cara pandang setiap orang dalam melakukan berbagai kegiatan, yang salah satunya mengenai administrasi kependudukan.

Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM. buka acara Sosialisasi Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( e-KTP) tingkat Kabupaten Cianjur di Aula Bale Prayoga Jl. Siti Jenab No. 31 Cianjur, Senin(12/03) yang dihadiri oleh para kepala OPD, Para Camat Se-Kabupaten Cianjur serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cianjur menyampaikan kegiatan sosialisasi ini di nilai sangat penting untuk dilaksanakan, dengan harapan pemutakhiran data kependudukan dan penerapan e-KTP dapat berjalan dengan lancar, serta mempercepat terwujudnya pelaksanaan sistim administrasi kependudukan nasional di Kabupaten Cianjur.

Dengan banyaknya data yang dikelola serta perlunya penyampaian informasi yang cepat dan akurat, khususnya dalam pelayanan administrasi kependudukan, menjadikan teknologi informasi sebagai media yang mampu dan handal untuk membantu dalam pengelolaan data. Diharapkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat terbentuk data base kependudukan yang akurat, sehingga memudahkan berbagai pihak untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan khususnya mengenai kependudukan.

Bupati Cianjur meminta kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan sunguh-sungguh dan seksama, sehingga setelah mengikuti sosialisasi, diharapkan mendapat wawasan pengetahuan yang cukup dan mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil menyampaikan kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan persepsi dalam penerapan KTP elektronik ( e-KTP) baik bagi aparat pemerintah maupun masyarakat, penambahan wawasan mengenai prosedur perekaman data wajib e-KTP dan sarana yang harus disiapkan untuk pelayanan perekaman data wajib e-KTP dan mengetahui tugas dan kewajiban setiap aparat untuk pelaksanaan penerapan e-KTP.

Berdasarkan pantauan wartawan B21.Com dilapangan, kebanyakan masyarakat belum mengetahui program yang dimaksud e-KTP tersebut. Seperti yang diungkapkan H. Saepudin (54), Ketua RT. 01 RW. 10 Desa Ciharashas.

Kepada B21.Com H. Saepudin berharap, pemerintah lebih gencar mensosialisasikan program e-KTP melalui semacam brosur dan disebar oleh petugas. Bahkan sebetulnya para Ketua RT yang ada di seluruh Kabupaten Cianjur harus ikut dilibatkan apabila ada kegiatan pelatihan sosialiasi, tujuannya karena ketua RT lebih dekat dengan masyarakat sehingga saat pelaksanaan nanti partisipasi masyarakat dalam mensukseskan e-KTP lebih optimal. Ujarnya.

(Epul/AQM).
Iklan