Dinsosnakertrans Pemprov Jambi Buka Peluang Magang


Jambi – Berita21.Com: Upaya untuk menyerap lapangan kerja bagi pencari kerja di berbagai perusahaan yang ada di wilayah Provinsi Jambi, April 2012 yang akan datang pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan program pemagangan kerja di perusahaan sebanyak 400 orang calon peserta bagi pencaker (pencari kerja) yang dialokasikan dari anggaran biaya Pemerintah Pusat, melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahun anggaran 2012.

Hal tersebut terungkap, dalam diskusi rapat terbatas antara pihak pemerintah daerah Provinsi Jambi, dalam hal ini Kantor Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas pada Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi dengan puluhan perusahaan yang berdomisili di wilayah Provinsi Jambi, bertempat diruang aula Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, Jalan A.Thalib No 45, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Senin (19/03/2012).

Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas pada Kantor Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, Yendri, yang hadir mewakili Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, Harris. AB. Yendri, yang ketika itu didampingi praktisi Kebijakan Publik Jambi A. Shomad menyebutkan, April 2012 yang akan datang sudah dimulai program pemagangan kerja bagi 400 orang calon peserta magang di berbagai perusahaan pada tahun ini.

“Jambi masih terlalu kecil untuk alokasi peserta program magang yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, dibandingkan dengan daerah lainnya seperti Jawa Timur yaitu 1.500 orang calon peserta, dan Jawa Barat sebanyak 1.600 orang calon peserta. Jambi hanya memperoleh alokasi bagi calon peserta magang di perusahaan yang ada, yakni sebanyak 400 orang, jadi terlalu kecil pada tahun ini,“ paparnya dihadapan para perwakilan dan pimpinan puluhan perusahaan yang hadir dalam rapat saat itu.

Ditambahkan Yendri seraya mengutip pernyataan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, untuk para calon peserta magang kerja kali ini, saran Yendri kepada seluruh pimpinan perusahaan, diharapkan untuk merekrut calon peserta di sekitar lokasi perusahaan masing-masing.

“Sangat diharapkan sekali, pihak perusahaan dan pimpinan dapat merekrut para calon peserta magang di sekitar lingkungan perusahaan masing-masing, seperti saran gubernur,” jelasnya.

Dikatakan Yendri saat menjawab kepada berita21.com, ketika ditemui disela-sela jeda usai rapat terbatas yang digelar diruang aula Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, dirinya menyatakan program pemagangan kerja di perusahaan yang dilaksanakan oleh Kantor Dinsosnakertrans pada 2012 ini, merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jambi untuk mengurangi tingginya angka pengangguran yang terjadi saat ini, sehingga para calon peserta magang tersebut dapat jaminan kerja usai mengikuti pelatihan dan pemagangan kerja di tempat perusahaan yang merekrutnya.

“Peserta magang kerja kali ini, diberikan materi pelatihan selama 160 jam dan magang kerja selama 5 bulan di perusahaan. Rekrutmen akan dimulai pada bulan April ini, dengan merekrut sebanyak 400 orang calon peserta magang,” ujarnya demikian.

Afrizal/B21.Com
Iklan